Mengenal Kendaraan Khusus Pengangkut Roket Astros Buatan Asli Indonesia

Kendaraan khusus untuk mengangkut amunisi Roket Astros
Sumber :
  • Dispenad

Jakarta – Kendaraan khusus untuk mengangkut amunisi Roket Astros dipamerkan dalam Defile Alutsista TNI yang diadakan untuk memperingati HUT ke-78 TNI di Silang Monas, Jakarta Pusat, pada bulan oktober tahun 2023 lalu.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Dilansir dari Indonesia Defense, Jumat, 15 Maret 2024, kendaraan ini merupakan hasil karya anak bangsa yang telah melalui penelitian dan pengembangan pertahanan oleh Pusat Peralatan Angkatan Darat (Puspalad).

Kendaraan khusus untuk mengangkut amunisi Roket Astros

Photo :
  • Dispenad
Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

Menurut Kolonel Cpl Teguh Gunandi, Direktur Bidang Litbang Puspalad, yang menyampaikan dalam keterangan resminya, kendaraan tersebut tidak hanya berfungsi sebagai pengangkut amunisi untuk roket Astros.

Pengangkut amunisi untuk roket Astros juga dapat berperan sebagai gudang munisi lapangan yang bersifat mobile dan mandiri karena dilengkapi dengan powerpack.

Gara-gara Rumah Dinas Bagus Ini,Pasukan Tengkorak Kostrad Diganjar 5 Miliar Sama Jenderal TNI Maruli

Hal ini memungkinkannya untuk mendekati pasukan manuver di garis depan selama operasi atau latihan

“Keunggulan dari kendaraan mampu mengatasi kesulitan pasukan alteleri medan dalam kegiatan latihan dan pertempuran. Alutsista ini, sudah didukung dengan kemampuan sistem penggerak roda 6 x 6 yang dapat mempermudah kendaraan pada saat melewati medan taktis maupun saaat bermanuver,” kata Teguh.

Kendaraan tersebut memiliki mesin berkapasitas 7800 CC, dengan dimensi panjang 11,5 meter, lebar 2,6 meter, dan tinggi 3,8 meter.

Kendaraan tersebut dirancang untuk dapat membawa 8 kontainer amunisi Roket Astros dan dilengkapi dengan sebuah crane.

Kendaraan khusus untuk mengangkut amunisi Roket Astros

Photo :
  • Dispenad

“Kendaraan ini dapat beroperasi selama 10 menit dan dilengkapi dengan outrigger yang dapat menyesuaikan pada saat medan off road. Selain itu, kendaraan ini juga dapat dimultifungsikan sebagai gudang amunisi lapangan untuk Munisi Kaliber Kecil (MKK) dan Munisi Kaliber Besar (MKB),” jelas Teguh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya