Terungkap! Ini Alasan Anggota KKB Papua Bisa Pakai Senjata Api Buatan Pindad

Pilot Susi Air Philip di tengah anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua Pegunungan.
Sumber :
  • ANTARA

Jakarta – Anggota KKB, atau Kelompok Kriminal Bersenjata, merupakan individu yang tergabung dalam kelompok bersenjata yang beroperasi di wilayah Papua dan Papua Barat. Mereka seringkali terlibat dalam aktivitas kekerasan, pemberontakan, dan tindakan kriminal lainnya dengan tujuan yang bervariasi, termasuk separatis atau kepentingan politik tertentu di wilayah tersebut.

Bumi Resources Masuk 7 Perusahaan Wajib Pajak Terbaik versi DJP Kemenkeu

Banyaknya anggota KKB Papua yang menggunakan senjata api dari Pindad memiliki alasan tersendiri, yang kini terungkap melalui pengungkapan oleh Kepolisian Daerah (Polda) Maluku. Dua anggota polisi yang terlibat dalam penjualan senjata api dan amunisi kepada seorang tersangka yang ditangkap di Polres Bintuni, Papua Barat, akan diproses pidana dan kode etik.

Pengungkapan kasus penjualan senjata api dan amunisi dimulai ketika Polres Bintuni menangkap seorang individu yang mengklaim memperoleh senjata tersebut di Kota Ambon. Dia kemudian menjualnya kepada anggota KKB Papua untuk digunakan melawan TNI. 

Sri Mulyani Ungkap APBN Surplus Rp 8,1 Triliun hingga Maret 2024

Pilot Susi Air Philip di tengah anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua Pegunungan.

Photo :
  • ANTARA

Motif banyak anggota KKB Papua dalam menggunakan senjata api dari Pindad berasal dari serangan beberapa pasukan mereka terhadap TNI, dimana senjata-senjata tersebut didapat dari serangan tersebut, termasuk saat mereka merampas senjata dari prajurit TNI yang tewas.

2 Debt Collector yang Hendak Ambil Paksa Mobil Polisi di Palembang Jadi Tersangka

Sebuah akun Twitter dengan nama @RandomWorldWar telah mengunggah beberapa foto yang menunjukkan KKB sedang menyandera Kapten Philips sambil membawa berbagai jenis senjata api. Dalam keterangan foto tersebut, disebutkan bahwa senjata yang digunakan adalah buatan Pindad.

"Senjata api yang digunakan para teroris OPM (Organisasi Papua Merdeka) untuk menyandera pilot Susi Air ini adalah Pindad SS2 V1 dengan alat bidik perbesaran 4x Trijicon TA31 ACOG, Pindad SS2 V1 dengan pelontar granat UGL 40mm & Pindad SS1 V1. Semua senapan memakai amunisi 5,56x45mm NATO & buatan Indonesia," tulis akun tersebut.

Anggota KKB Ananias Ati Mimin yang tertembak.

Photo :
  • VIVA/Aman Hasibuan/Dok. Humas Satgas Damai Cartenz

Akun tersebut mengatakan untuk senapan serbu atau small arms secara umum yang buatan Indonesia, bisa diperoleh KKB dengan cara mencurinya atau merampas dari prajurit TNI. Mereka bahkan bisa mencuri dari helikopter aparat keamanan yang kecelakaan. 

Namun, akun tersebut juga menduga bahwa seluruh senjata tersebut bisa dibeli dari oknum tertentu di Indonesia sehingga anggota KKB Papua bisa dengan mudah memilikinya. "Bisa juga membelinya dari oknum pengkhianat Indonesia," tulisnya.

"Nah, sebelum menuduh negara lain terkait aliran dana yang masuk ke OPM, ada baiknya berkaca dulu ke negara kita sendiri, apa ada oknum yang memanfaatkan uang negara yang notabene uang kita juga untuk membiayai OPM? Selain itu terdapat banyak simpatisan OPM di dalam & luar negeri," sambungnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya