Waduh! Truk Sedot WC Diduga Buang Tinja ke Sungai Cisadane, Sehari Lima Kali

Truk Sedot WC Diduga Buang Tinja ke Sungai Cisadane, Sehari Lima Kali
Sumber :
  • Istimewa

Bogor – Rekaman video memperlihatkan truk sedot water closet (WC) kegep sedang membuang limbah ke Sungai Cisadane viral di media sosial Jumat, 17 Maret 2024 pagi.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Dilihat melalui unggahan akun Instagram ini, tampak truk sedot WC berwarna kuning sedang berhenti di atas jembatan Panaragan, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor pada siang hari.

Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali

Saat berhenti, terlihat dari badan truk sebuah selang menjuntai hingga ke sungai. Dari selang tersebut tampak mengeluarkan cairan diduga limbah tinja.

Aksi tersebut direkam oleh serang warga. Menurut perekam video, hal ini sering kali dijumpai. Bahkan, dalam satu hari terdapat lima truk sedot WC yang membuang limbah ke sungai.

Penyewaan Kendaraan Listrik Laris Manis, Total Aset TBS Energi Utama 2023 Naik 5,4 Persen

“Astagfirullah ini udah truk (sedot tinja) yang kelima yang buang limbah tinja di jembatan panaragan,” kata perekam video.

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bogor Rena Da Frina membantah jika cairan yang dibuang truk sedot WC itu adalah tinja.

Menurut dia, truk tersebut merupakan truk pengangkut air sisa pengeboran jalur PDAM di depan Yonif 315/Garuda, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor.

"Tadi siang ada laporan terkait diduga mobil tangki buang limbah ke Cisadane. Kita cek dan klarifikasi di lapangan. Bukan tinja melainkan air sisa pengeboran," kata Rena kepada wartawan.

Ilustrasi truk pengangkut tinja

Photo :
  • Istimewa

Terkait hal ini, Rena mengaku bakal langsung berkoordinasi dengan Perumda Tirta Pakuan mengenai pembuangan air sisa pengeboran tersebut.

“Jadi nanti kita komunikasi dengan kepala PDAM karena ini proyek pusat dimana buang sisa hasil bekas borannya,” imbuhnya.

Terakhir, ia kembali menegaskan bahwa cairan tersebut bukan tinja. “Jadi, clear ya bukan BAB atau tinja,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya