Ini Sosok Irjen Mathius D Dakhiri, Kapolda Papua yang Merupakan Seorang Mualaf

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakiri
Sumber :
  • VIVA.co.id/Aman Hasibuan (Papua)

Papua – Kapolda Papua, Irjen Mathius D Fakhiri, baru-baru ini, Jenderal berpangkat tiga itu mengalami proses masuk Islam setelah mengucapkan syahadat, dan akhirnya secara resmi memeluk agama Islam.

Usai Memilih Mualaf, Davina Karamoy Belum Siap Kenakan Hijab

Dilansir dari SIAP VIVA, Senin, 18 Maret 2024, Sebelum menjadi mualaf, Kapolda Papua tersebut merupakan seorang penganut agama Hindu. Dalam konferensi pers beberapa waktu lalu, Kapolda Papua, Irjen Mathius D Fakhiri menceritakan perjalanan spiritual yang akhirnya membawanya memeluk agama Islam.

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri

Photo :
  • TVOneNews.com
Daud Kim Diduga Lakukan Penipuan Donasi Masjid, Komunitas Muslim Korea Ungkap Fakta Mencengangkan

Menurut dia, proses perjalanan ini tidak terjadi secara tiba-tiba, melainkan melalui pembelajaran dan pemahaman yang mendalam terhadap ajaran agama Islam. Berikut sosok Irjen Mathius D Dakhiri:

Sosok Kapolda Papua Irjen Mathius D Dakhiri

Terinspirasi dari Keluarga Temannya, Mantan Pemain Real Madrid Masuk Islam

Mathius D Fakhiri lahir pada 6 Januari 1968.  Ia adalah seorang perwira tinggi Polri yang sejak 18 Februari 2021 mengemban amanah sebagai Kepala Kepolisian Daerah atau Kapolda Papua.

Irjen Mathius D Fakhiri rupanya adalah lulusan terbaik Akpol tahun 1990. Ia berpengalaman dalam bidang Brimob. Selain itu ia merupakan putra daerah Papua Selatan.  

Sepanjang karirnya Mathius juga pernah menjabat sebagai Kapolres Jayapura. Ia memiliki istri yang bernama Rafatul Eva Mulkia. Pasangan suami istri ini dikaruniai 4 orang anak.

Pendidikan dan Karier Kapolda Papua Irjen Mathius D Dakhiri

Pendidikan formal Irjen Mathius dimulai dari SD Yayasan Pendidikan Kristen Merauke yang berhasil diselesaikannya pada tahun 1981.

Setelah menyelesaikan pendidikan dasar ia melanjutkan ke SMP YPPK Santo  di Wamena dan lulus pada tahun 1984.  Kemudian pendidikan menengah atas dijalani di SMA Negeri 2 Jayapura dan ia berhasil lulus pada tahun 1987.

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri di Mapolda Papua

Photo :
  • VIVA/Aman Hasibuan

Keseriusan Irjen Mathius dalam bidang kepolisian terlihat ketika ia mendaftar masuk akademi kepolisian dan lulus pada tahun 1990 dengan pangkat Inspektur Polisi Dua.

Perjalanan karirnya dimulai dengan tugas pertama di Polres Palangkaraya Polda Kalimantan Selatan. I

a memiliki segudang pengalaman lapangan, di antaranya mencakup partisipasinya dalam operasi militer seperti operasi Seroja di Timor Timur. Serta penanganan pemberontakan di Papua dan Operasi Damai Kartenz.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya