Pilot Lempar Kendali ke Kopilot untuk Bantu Persalinan Ibu di Udara, Netizen: Keren!

Ilustrasi Pilot.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Jakarta – Belum lama ini seorang pilot yang telah memiliki pengalaman selama 18 menambahkan satu pencapaian penting lagi dalam daftar prestasinya.

Bandara Supadio Pontianak Turun Kelas Jadi Bandara Domestik

Pasalnya, Ia berhasil memberikan bantuan dalam proses persalinan seorang penumpang pesawat selama penerbangan.

Dilansir dari South China Morning Post, Kamis, 21 Maret 2024, Insiden tersebut terjadi pada tanggal 23 Februari 2024 lalu, di atas pesawat VietJet yang melakukan perjalanan dari Taipei ke Bangkok dengan durasi penerbangan empat jam.

Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional RI Jadi 17, Simak Daftarnya

Pilot Lempar Kendali ke Kopilot untuk Bantu Persalinan Ibu di Udara.

Photo :
  • Istimewa

Saat itu, awak kabin memberitahukan kepada pilot bahwa seorang penumpang akan melahirkan di dalam kamar mandi.

Selamat! Laura Theux dan Indra Brotolaras Dikaruniai Anak Pertama

Pilot berkebangsaan Thailand bernama Jakarin Sararnrakskul itu segera beraksi. Pasalnya, ia tak bisa mengarahkan pesawatnya kembali ke Taipei ataupun mendarat di bandara terdekat lainnya.

Ia kemudian meminta kopilotnya mengambil alih kendali pesawat dan bergegas menuju kabin. Ia tampak tenang meski mengaku tak pernah berpengalaman menangani persalinan sebelumnya.

Beruntung, bayi berjenis kelamin laki-laki itu lahir di pesawat dengan selamat. Bayi tersebut kemudian dinamai Sky oleh awak kabin, menurut media Vietnam, VNExpress International.

Ketika pesawat mendarat di Bandara Suvarnabhumi di Bangkok, ibu dan anak itu langsung disambut oleh paramedis yang bersiaga dan dikirim ke rumah sakit, lapor outlet berita Thailand Thaiger. Berbicara kepada wartawan di bandara, Sararnrakskul berseri-seri bangga atas tindakannya.

Pilot Lempar Kendali ke Kopilot untuk Bantu Persalinan Ibu di Udara.

Photo :
  • Istimewa

"(Bayi laki-laki itu) akan bisa memberitahu semua orang selama sisa hidupnya bahwa dia dilahirkan di udara," katanya.

Kapten juga mengunggah di Instagram foto dirinya sedang menggendong bayi yang baru lahir. Dia menulis keterangan, "Saya telah menjadi pilot selama 18 tahun. Saya baru saja membantu bayi yang baru lahir di pesawat!"

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya