Macet di Jepang, Pengendara Motor Ikut Antre Gak Nyalip-nyalip

Viral Pengendar Motor di Jepang Ikut Antre saat Macet
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Seringkali aturan lalu lintas dianggap sebagai dekorasi yang jarang dipatuhi oleh pengguna jalan raya, terutama ketika tidak ada petugas lalu lintas yang berpatroli.

Krisis Populasi Jepang: Setengah Perempuan Muda Hilang di 40 persen Wilayah pada 2050

Namun, berbeda dengan di Jepang, di negara ini masyarakatnya sangat menghargai ketaatan terhadap peraturan lalu lintas.

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

Ketertiban berkendara masyarakat Jepang tersebut dapat dilihat melalui video yang dibagikan akun Instagram ini pada Jumat 15 Maret 2024 lalu.

Dalam video itu, terlihat kemacetan panjang sedang terjadi di salah satu jalan di Negeri Sakura. Namun, tampak dua pengendara sepeda motor ikut antre di tengah roda empat.

5 Negara Paling Tidak Ramah Vegetarian di Asia, Ada Korea Selatan dan Jepang

Padahal, jalan di kanan maupun kiri mereka masih kosong dan mungkin masih dapat dilalui roda dua. Namun, keduanya terlihat tetap sabar untuk menunggu mobil di depan bergerak maju.

Jika di Indonesia, terlebih di Jakarta mungkin ruang kosong yang ada akan dilalui oleh pengendara motor mengingat ruang yang tercipta antar roda empat itu masih cukup lebar.

Pada dasarnya, peraturan lalu lintas di Jepang tidak berbeda jauh dengan di Indonesia. Seperti menggunakan lajur kiri bagi para pengguna kendaraan di jalan raya. Namun, akses lalu lintas di Jepang terbilang lebih tertata rapi antara pengguna kendaraan dan pejalan kaki.

Sontak video sepeda motor ikut antre saat macet tersebut pun ramai mendapat sorotan warganet Tanah Air. tidak sedikit yang mengaku gemash untuk menyalip agar menghemat waktu.

“Kenapa gak nyalip aja sih, lu kan naeik motor, panas kepanasan, ujan, keujanan. Kalo di mobil mah kaga,” komentar salah seorang warganet.

“Indahnya tinggal di Indonesia, lebih luwess, gak kaku,” timpal warganet. – Apa itu antri ??? Selama masih ada celah, sikaaatt...” celetuk warganet.

“Hmmm klo di indo gak terlalu stuju sih bgini yg ada bakalan makin lama perjalanan. Soalny jumlah kendaraan di indo jauh lebih banyak dr jepang. Klo kendaraan sdikit masuk akal yg bawa motor bisa sabaran siih,” kata warganet.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya