Mengenal Sosok Enzo Allie, TNI Ganteng yang Ternyata Miliki Darah Prancis

Letda Enzo Zenz Allie
Sumber :
  • YouTube TNI AD

Jakarta – Pasti sudah tidak asing lagi bagi masyarakat, terutama anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI), nama Enzo Allie.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Saat ini, Letnan Dua (Letda) TNI ini sedang menjalankan tugasnya sebagai prajurit infanteri setelah menyelesaikan pendidikan di Akademi Militer (Akmil) pada bulan Juli 2023 lalu. Diketahui bahwa Enzo akan segera memulai pendidikan komando.

Informasi ini baru saja diungkapkan oleh pemilik akun TikTok @aingnihh. Menurut penjelasannya, Enzo dijadwalkan akan memulai pendidikan komando pada bulan Maret 2024 ini. Ini sosoknya.

Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

Sosok kekasih Enzo Allie

Photo :
  • Istimewa

Sosok Enzo Allie

Gara-gara Rumah Dinas Bagus Ini,Pasukan Tengkorak Kostrad Diganjar 5 Miliar Sama Jenderal TNI Maruli

Siti Hadiati Nahriah, ibu Enzo, pernah menyatakan bahwa menjadi Taruna Akmil adalah impian kecilnya. Dia juga bahagia karena anaknya berhasil lulus seleksi.

Enzo memiliki darah Prancis dan kehilangan ayahnya, Jean Paul Francous Allie, karena serangan jantung di Prancis. Insiden itu membuat Enzo dan ibunya kembali ke Indonesia sebagai anak yatim.

Setelah tinggal di Indonesia sejak tahun 2014, Enzo melanjutkan pendidikannya di Pondok Pesantren Al Bayan, yang terletak di Anyer, Serang, Banten. Menurut Kepala Sekolah SMA Boarding School Al Bayan, Deden Ramdani, sejak kecil Enzo telah bercita-cita untuk menjadi prajurit TNI yang saleh. Saat guru kimianya mendengar pengakuan itu, dia merasa terharu.

Kemampuan Enzo dalam berbicara dalam empat bahasa menjadi salah satu faktor kesuksesannya dalam lulus di AKMIL. Dia mampu berkomunikasi dalam bahasa Indonesia, Inggris, Prancis, dan Arab.

Andika Perkasa dan Enzo Allie

Photo :
  • Dispenad

Dalam uji tes Samapta, Enzo menunjukkan prestasi yang sangat mengesankan. Dia berhasil melakukan 19 pull up, 50 sit up, dan 50 push up, semuanya dalam waktu 60 detik.

Tidak hanya itu, Enzo juga menunjukkan keahliannya dalam lari dengan menempuh jarak 7,5 putaran sepanjang 400 meter atau mencapai jarak 3.000 meter dalam waktu 12 menit. Selain itu, dia juga berhasil menyelesaikan renang sejauh 50 meter dalam waktu 60 detik.

Menurut laporan dari akun Instagram @perhumas_akademi_Militer, Enzo memberikan jawaban yang santai dalam Bahasa Prancis ketika diwawancarai oleh Radio Tidar. Saat ini, ia adalah seorang taruna tingkat tiga dengan pangkat Sersan Mayor Taruna di Akademi Militer.

Enzo, yang berasal dari Cilegon, Banten, juga menjabat sebagai Komandan Taruna Tingkat Satu di AKMIL. "Saya adalah Komandan Taruna Tingkat Satu," ujar Enzo pada tanggal 18 Juni 2022.

Apa pangkat Enzo sekarang?

Setelah Enzo Allie dilantik, ia secara resmi diangkat menjadi Letnan Dua atau yang biasa disebut Letda. Kepulangannya dari Akademi Militer TNI memicu minat masyarakat untuk mencari tahu lebih banyak tentang latar belakangnya.

Ketika berada di Akmil, Enzo mengikuti pelatihan dasar di divisi (Sarcab) Korps Perhubungan. Namun, setelah dilantik, Enzo malah bergabung dengan Korps Infanteri, dan kini ia menjabat sebagai Letda Infanteri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya