Mengenal 2 Sosok Jenderal TNI Bintang 4 yang Masih Aktif Betugas

jenderal bintang 4
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Ada dua perwira tinggi dengan pangkat jenderal bintang empat yang tengah aktif berdinas di TNI. Salah satunya adalah menantu dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Panjaitan.

KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

Pangkat Jenderal TNI merupakan pangkat tertinggi dalam hierarki perwira tinggi TNI AD, berada satu tingkat di atas Letnan Jenderal (Letjen) atau jenderal bintang tiga.

Seorang Jenderal TNI, yang ditandai dengan bintang empat, setara dengan pangkat Laksamana di Angkatan Laut dan Marsekal di Angkatan Udara. Meskipun demikian, istilah "Jenderal TNI" biasanya lebih sering digunakan dalam konteks TNI AD.

4 Jenderal yang Berani Menentang Soeharto, Keluarga Dipersulit hingga Dicopot Jabatan

VIVA Militer: Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto

Photo :
  • Puspen TNI

Saat ini, terdapat dua individu dengan pangkat jenderal bintang empat yang sedang bertugas. Salah satu dari mereka menjabat sebagai Panglima TNI, sementara yang lainnya menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). Berikut dua sosok jendral TNI bintang 4 yang masih aktif bertugas:

Samson, Pemberontak OPM yang Serang Markas Koramil di Papua Tobat dan Serahkan Diri ke Prajurit TNI

Jendral TNI Agus Subiyanto

Saat ini Jenderal TNI Agus Subiyanto aktif menjabat sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI). Posisi tersebut didapat ketika menggantikan Laksamana Yudo Margono pada November 2023 lalu.

Karier militer Agus Subiyanto sangat cemerlang. Sebelum menjadi Panglima TNI, jebolan Akademi Militer (Akmil) 1991 ini sudah banyak mengemban berbagai jabatan penting lainnya. Pada 2020, Agus pernah dipercaya sebagai Danrem 061/Surya Kencana.

Tak lama berselang, ia ditunjuk Komandan Paspampres (Danpaspampres) menggantikan Maruli Simanjuntak. Kurang dari setahun menjadi perisai hidup Presiden Joko Widodo (Jokowi), Agus mendapat tugas baru sebagai Pangdam III/Siliwangi (2021-2022).

Waktu itu, tentara kelahiran Cimahi ini menggantikan Mayjen Nugroho Budi Wiryanto. Karier militer Agus Subiyanto semakin moncer ketika menjabat sebagai Wakil KSAD periode 2022-2023.

Sekitar Oktober 2023, ia ditunjuk sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) menggantikan Jenderal TNI Dudung Abdurachman. Sejalan dengan tugas barunya, pangkatnya pun menjadi Jenderal TNI atau bintang 4.

Belum lama menduduki jabatan KSAD, Agus Subiyanto diusulkan menjadi calon Panglima TNI pengganti Laksamana Yudo Margono. Pada akhirnya, ia resmi dilantik menjadi Panglima TNI pada Rabu, 22 November 2023.

Jenderal TNI Maruli Simanjuntak

KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak

Photo :
  • TNI AD

Berikutnya ada nama Jenderal TNI Maruli Simanjuntak. Saat ini, ia mengemban tugas sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD).

Melihat ke belakang, jabatan KSAD didapat Maruli ketika menggantikan Jenderal Agus Subiyanto yang beralih menjadi Panglima TNI. Ia dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu, 29 November 2023.

Maruli Simanjuntak lahir di Bandung, Jawa Barat, 27 Februari 1970. Lulusan Akademi Militer (Akmil) 1992 itu juga punya riwayat karier yang cemerlang. Tercatat, menantu dari Luhut Binsar Panjaitan (LBP) ini sudah banyak mencicipi posisi strategis lain di militer.

Maruli pernah menjabat sebagai Danrem 074/Warastratama pada periode 2016-2017. Sempat menjadi Wadanpaspampres (2017-2018) dan Kasdam IV/Diponegoro (2018), ia kemudian ditunjuk menjadi Komandan Paspampres menggantikan Mayjen (Mar) Suhartono.

Pada November 2020, Maruli mendapat tugas baru sebagai Pangdam IX/Udayana (2020-2022). Waktu itu, ia menggantikan Mayjen Kurnia Dewantara. Nama Maruli Simanjuntak semakin dikenal ketika diangkat menjadi Panglima Kostrad (2022-2023).

Posisi ini ditempatinya setelah menggantikan Dudung Abdurachman. Setahun lebih menjadi Pangkostrad, ia diangkat menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). Pada tugas barunya ini, Maruli menempati jabatan KSAD yang sempat kosong sepeninggal Jenderal Agus Subiyanto.

Maruli dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu, 29 November 2023.

Sejalan dengan tugas barunya sebagai KSAD, ia juga mendapat kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi menjadi Jenderal TNI alias bintang empat. Itulah dua nama jenderal TNI bintang 4 yang aktif bertugas di TNI saat ini

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya