YouTuber Ini Ungkap Warga Turki Banyak yang Tak Mengenal Nama Waktu Salat

Youtuber Ini Ungkap Masyarakat Turki Banyak yang Tak Mengetahui Nama Waktu Salat
Sumber :
  • YouTube

Jakarta – Masyarakat dunia termasuk Indonesia, mengenal Turki sebagai negara berpenduduk mayoritas Muslim yang pernah memimpin dunia Islam selama tujuh ratus tahun, dari permulaan abad ke-13 hingga jatuhnya Kekhalifahan Utsmani pada awal abad ke-20.

Hattrick! Pendeta Gilbert Dilaporkan Lagi soal Penistaan Agama ke Polda Metro

Fenomena kehidupan masyarakat Turki menjadi berbalik ketika Mustafa Kemal Ataturk pada tahun 1923 menyatakan Turki adalah sebuah negara sekuler berbentuk republik. Semenjak saat itu Ataturk merubah tatanan yang sudah ada sebelumnya.

Hagia Sophia

Photo :
  • Instagram @masjid_hagia_sophia
Viral Imam Masjid di Turki Ajak Main Anak-anak di Masjid, Warganet: di Indo Mah Boro-boro

Hanya dengan waktu 15 tahun Mustafa Kemal Ataturk memberi banyak perubahan, seperti merubah hari libur yang semula Jumat menjadi Minggu, merubah Hagia Sophia yang semula masjid menjadi museum  hingga merubah nama lima waktu shalat.

Hal ini diungkap oleh salah satu pemilik channel YouTube Andi Madinah. Pria yang akrab disapa Andi itu mengabarkan bahwa perubahan ini disebabkan masuknya paham sekularisme yang digalakkan oleh Mustafa Kemal Ataturk selama memimpin Turki.

Dewan Keamanan PBB Dikritik karena Gagal Tegakkan Resolusi saat Serangan di Gaza Meningkat

“Hari ini saya mendapat pengalaman menarik, saya bertanya dengan orang-orang di Turki tentang jadwal salat, ternyata di Turki nama-nama shalat 5 waktu pun telah ditukar. Di sini nama-nama 5 waktu shalat yang kita ketahui disebut berbeda,” ujar Andi, dilihat Jumat 5 April 2024.

Lebih lanjut, Andi mengungkap masyarakat di negara dengan 96,3 persen penduduk Muslim tersebut masih banyak yang tak mengetahui nama-nama waktu salat lima waktu. Dia lantas membuktikan ucapannya tersebut dengan mewawancarai beberapa warga lokal untuk menanyakan perihal nama-nama waktu shalat.

Beberapa warga yang dihampiri andi terbukti tidak mengetahui nama-nama waktu shalat yang umum digunakan di dunia. Mereka lebih mengenal nama lima waktu shalat yang telah dirubah oleh Ataturk, bahkan sebagian orang tidak mengetahui sama sekali.

Andi menyampaikan, hal ini karena nama waktu salat telah dirubah oleh Ataturk. Berikut kelima nama waktu salat yang dikenal masyarakat turki: Sabah Namazi (Subuh), Ogle Namazi (Zuhur), Ikindi Namazi (Ashar), Aksam Namazi (Maghrib), Yatsi Namazi (Isya).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya