Fakta-fakta Jamaah Aolia yang Colong Start Rayakan Idul Fitri

Jamaah Aolia sholat Idul Fitri hari ini
Sumber :
  • Dok.Istimewa

VIVA – Jamaah Aolia belakangan ini sedang jadi sorotan. Pasalnya, jamaah Aolia ini sudah sholat Idul Fitri duluan pada Jumat, 5 April 2024 lalu. Baru-baru ini, pemimpin jamaah Aolia ini sempat mengucap jika ia telepon Allah SWT soal Idul Fitri lebih dahulu. Seperti apa fakta-faktanya? Simak informasinya berikut ini dirangkum dari berbagai sumber.

Viral Pasangan Sesama Jenis Mesum di Masjid, Ini Sanksi yang Diterima

1. Berdiri tahun 1983

Diketahui bahwa jamaah Aolia berdiri sejak tahun 1983. Jamaah Aolia ini sudah tersebar di wilayah Jateng dan DIY. Putra ketiga pengasuh jamaah Aolia yakni Musa Assiqbillah mengungkap jika jamaah Aolia bukanlah organisasi, tetapi jamaah tersebut menganut aliran Ahli Sunah Wal Jamaah.

Vespa Babe Cabita Laku Rp212 Juta, Uangnya Dipake Bangun Masjid dan Pesantren

2. Pemimpin jamaah Aolia

HK Ibnu Hajar Pranolo alias Mbah Benu adalah pemimpin jamaah Aolia. Ia memiliki nama asli Ibnu Hajar Gagak Pranowo. Dari informasi yang didapat, Mbah Benu merupakan keturunan dari tokoh berpengaruh di Jawa Tengah.

YouTuber Daud Kim Resmi Dilaporkan karena Dugaan Penggalangan Dana Ilegal untuk Bangun Masjid

Menurut putra Mbah Benu, ayahnya memperoleh keilmuannya secara laduni yang turun tiba-tiba lewat bimbingan para mursyid atau guru lainnya seperti Gus Jogo Rekso di Muntilan, Syech Jumadil Kubro yang dimakamkan di Gunung Turgi dan Sunan Pandanaran di Jawa Tengah.

3. Ajaran yang dianut jamaah Aolia

Jamaah Aolia sholat Idul Fitri hari ini

Photo :
  • Tangkapan layar

Kabarnya, ajaran Islam yang diajarkan menjadi dua yakni ilmu kasbi dan ilmu laduni. Ilmu kasbi diperoleh manusia dari usaha melalui belajar dan melakukan percobaan, sementara ilmu laduni bersifat rahasia dan diturunkan secara langsung dari Allah ke dalam hati seseorang.

4. Tersebar di 10 titik

Jamaah Aolia ini tersebar di berbagai daerah seperti di Jawa Tengah dan DIY. Untuk di DIY, kebanyakan berpusat di Gunungkidul khususnya wilayah Panggang.

5. Masjid hadap ke Selatan

Masjid yang digunakan jamaah Aolia berada di tepi pantai Ngobaran, Gunungkidul. Masjid ini tempat imamnya menghadap ke Selatan, tepatnya ke arah laut lepas.

Dari penuturan warga sekitar, posisi itu berkenaan dengan kisah Prabu Brawijaya V yang merupakan raja terakhir Majapahit. Meski tempat imamnya mengarah ke Selatan, umat muslim jamaah Aolia tetap menghadap ke kiblat.

6. Alasan Idul Fitri lebih dulu

Jamaah Aolia sholat Idul Fitri hari ini

Photo :
  • Tangkapan layar

Pimpinan jamaah Aolia mengatakan, keputusannya untuk shalat Idul Fitri pada Jumat, 5 April 2024 karena mengaku sudah mendapatkan kontak batin dengan Allah SWT. Awalnya, ia mengaku sempat telepon dengan Allah SWT. Namun kemudian ia memberikan klarifikasi bahwa itu hanya sebagai perumpaan. Kata dia, itu perjalanan spiritualnya dengan Allah SWT.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya