Tragis, Satu Rumah Hanyut Terbawa Banjir di Gorontalo Utara

Tragis, Satu Rumah Hanyut Terbawa Banjir di Gorontalo Utara
Sumber :
  • Antara

Gorontalo – Satu unit rumah di Desa Tolite Jaya Kecamatan Tolinggula Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo hanyut terbawa banjir.

Berbulan-bulan Banjir Tak Kunjung Surut, Daerah di Bulak Barat Depok Ini Bak Kampung Mati

"Arus air sangat deras menyebabkan satu unit rumah semi permanen ini hanyut terbawa derasnya banjir yang merendam ratusan permukiman warga di wilayah perbatasan ini," kata Tokoh Pemuda Tolinggula Sadam Salihi dilansir Antara, Minggu 7 April 2024.

Rumah yang terbawa banjir itu hanyut ​​​​​melewati Jembatan Otabiu di Desa Tolite Jaya, terjadi sekitar pukul 20.58 WITA. Banyak material kayu dan harta benda milik warga nampak terseret banjir.

Pensiun dari Polri, Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi Ingin Jadi Lurah

"Kami belum dapat memastikan apakah ada rumah lain yang ikut terseret banjir atau apakah ada korban jiwa mengingat hujan deras sementara melanda, banjir pun berarus deras dan kondisi gelap sehingga pengamatan maupun upaya evakuasi sulit dilakukan apalagi untuk memastikan kondisi warga terdampak," kata Sadam.

Menurutnya, curah hujan yang tinggi berdampak pada meluapnya Daerah Aliran Sungai (DAS) Tolinggula sejak Minggu sore.

Kata Prabowo Keberlanjutan Tetap Butuh Perbaikan

Desa Tolite Jaya merupakan salah satu desa dari enam desa yang terendam banjir di Kecamatan Tolinggula, yaitu Desa Limbato, Ilotunggula, Tolinggula Ulu, Tolinggula Tengah dan Molangga.

Saat ini warga memerlukan bantuan untuk dievakuasi mengingat malam semakin larut dan ketinggian banjir terus bertambah.

"Warga yang membantu evakuasi melakukan secara manual, ada pula yang menggunakan perahu kecil nelayan untuk menyelamatkan anak-anak dan lanjut usia (lansia) serta hanya dengan mengandalkan lampu senter," kata Sadam pula.

Pihaknya berharap pemerintah daerah segera mengirimkan bantuan untuk membantu evakuasi warga mengingat wilayah Kecamatan Tolinggula cukup jauh dari pusat ibu kota kabupaten.

Jarak tempuh-nya mencapai lima hingga enam jam untuk dapat mencapai wilayah perbatasan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya