Pilih Jalan Hijrah, Mantan Pecandu Berat Narkoba Menjadi Marbot di Masjid

Pilih Jalan Hijrah, Mantan Pecandu Berat Narkoba Menjadi Marbot di Masjid
Sumber :
  • VIVA | Tarmizi (tvOne)

Tebo – Seorang pria bernama Yon Afrizal (48) berhasil lepas dari masa lalunya sebagai pecandu berat narkoba. Dia kini memilih menjadi marbot di Masjid Baitul Atiq, di Desa Badaro Rampak, Kecamatan Tebo Tengah, Kabupaten Tebo, Jambi.

4 Polisi yang Ditangkap Pesta Narkoba di Depok Cuma Direhab

Dengan niat yang tulus, pria berusia 48 tahun ini mulai meninggalkan dunia kelamnya sejak awal tahun 2020 lalu. Kini ia mulai mendapatkan ketenangan hidup dan lebih banyak menghabiskan waktunya di masjid untuk beribadah kepada Allah SWT.

Dirinya tidak segan bercerita semenjak ia mengenal narkoba pada tahun 2003 hingga 2020. Menurutnya, narkoba merupakan ‘makanan’ sehari-harinya. Namun ia mengaku hidupnya saat itu selalu gelisah dan dihantui rasa ketakutan. Kini secara perlahan, dirinya mulai menata hidupnya dengan mendekatkan diri kepada sang pencipta. 

Heboh Seorang Pasien Wanita Muda Kesurupan di Puskesmas Memperagakan Jurus Silat

Dengan modal suara yang bangus, ia mulai memberanikan diri menjadi muazin hingga menjadi imam sholat fardhu di masjid. Tidak sedikit warga di sana memuji suaranya yang merdu saat mengumandangkan azan.

Kehadiran Yon Afrizal yang kerap mengisi posisi imam sholat wajib membuat warga di Desa Badaro Rampak mulai ramai berduyun-duyun datang ke masjid untuk menjadi makmumnya. Mereka tidak lagi memandang latar belakangnya yang kelam sebagai pecandu dan pengedar narkoba.

4 Tahun Tak Ketahuan Jadi Polisi Gadungan, Begini Pengakuan Lukman

Menurutnya, masa lalunya yang kelam selama 17 tahun silam itu hanyalah kenangan dan warna bagi dalam hidupnya. Diakuinya banyak kekeliriun yang ia lakukan sewaktu bergelut dengan dunia hitam, namun dengan berjalannya waktu semuanya telah ia tinggalkan.

Pilih Jalan Hijrah, Mantan Pecandu Berat Narkoba Menjadi Marbot di Masjid

Photo :
  • VIVA | Tarmizi (tvOne)

"Awalnya dulu cuma berniat kepengen berhenti, alhamdulillah niat saya didengar oleh Allah SWT dan semuanya saya tinggalkan. Bahkan merokok pun sudah tidak lagi," kata Yon Afrizal saat diwawancarai di Masjid, Jumat 5 April 2024.

Dikatakannya juga, bahwa saat ini dia kerap dipanggil ke rumah warga untuk mengajarkan mengaji anak-anak di sana. Meski tidak mendapatkan gaji besar, namun ia merasa lebih tenang menjalani hidup saat ini.

"Kalau soal rizki biar tuhan yang mengatur, yang penting kita selalu berusaha. Alhamdulillah selama tiga tahun lebih ini saya mendapatkan ketenangan dalam menjalani kehidupan," jelasnya.

Ia mengingatkan dan mengajak kepada warga maupun anak-anak muda yang masih bergelut di dunia hitam agar secara perlahan ditinggalkan, karena sudah dipastikan tidak akan memberikan manfaat dan hidup yang tenang.

"Saya hanya mengingatkan, agar segera ditinggalkan kehidupan yang kelam, itu hanyalah kesenangan sesaat dan lebih banyak mudorat daripada manfaatnya," pungkasnya.

Laporan: Tarmizi (tvOne)

Baca artikel Trending menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya