China Krisis Kelebihan Pasokan Produk

Ilustrasi Pekerja China.
Sumber :
  • www.technologyreview.com

VIVA – Menteri Keuangan Amerika Serikat, Janet Yellen baru-baru ini membidik gejala penyakit ekonomi yang jauh lebih besar yang melanda China.

Konsumen Tes Konsumsi BBM Wuling Alvez, Segini Hasilnya 

Dalam pembicaraan mendatang dengan Beijing, Yellen berjanji untuk menyampaikan kekhawatiran atas merajalelanya kelebihan pasokan produk ramah lingkungan seperti panel surya di China, yang membanjiri pasar global dengan harga yang sangat rendah.

Dilansir The Hongkong Post, Kamis 11 April 2024, penderitaan akibat surplus ini tidak hanya terjadi pada energi ramah lingkungan, hal ini juga terjadi pada model pembangunan ekonomi yang diarahkan oleh negara yang dijalankan oleh Partai Komunis China (PKC).

Geopolitik Global Tak Menentu, Bos BNI Pede Ekonomi RI Sehat dan Stabil

Pada intinya, strategi Partai Komunis China berpusat pada pemanfaatan pembiayaan murah yang didukung negara untuk menyalurkan kelebihan kapasitas ke dalam industri-industri strategis yang dianggap penting bagi prioritas nasional.

Pendekatan merkantilis ini memungkinkan perusahaan-perusahaan China untuk memproduksi secara berlebihan dan melemahkan persaingan dalam hal harga, sehingga membantu ambisi geopolitik Beijing namun sangat melanggar prinsip-prinsip pasar bebas.

Elon Musk Mendadak Bertemu Pejabat Nomor 2 China di Beijing

Dampaknya adalah melimpahnya pasokan global di berbagai sektor dan distorsi perdagangan yang tidak berkelanjutan secara ekonomi.

Bendera Merah-Putih berkibar di Istana Kota Terlarang dan Lapangan Tiananmen, Beijing.

Photo :
  • ANTARA/M. Irfan Ilmie.

China dengan cepat menjadi kekuatan manufaktur yang tak tertandingi, kini bertanggung jawab atas hampir sepertiga produksi pabrik global meskipun perekonomiannya hanya menyumbang 16-18 persen PDB dunia.

Meniru model pembangunan yang dipimpin oleh negara-negara Macan Asia Timur sebelumnya, Beijing dengan ahli telah meningkatkan basis industrinya dalam rantai nilai, dari ekspor berketerampilan rendah menjadi menargetkan sektor-sektor berteknologi tinggi dan padat modal seperti mobil, energi terbarukan, semikonduktor, dan mineral penting.

Meskipun basis manufaktur China yang kuat menawarkan skala dan jaringan ekonomi yang melekat, pertumbuhan ekspor China yang pesat baru-baru ini terutama berasal dari bantuan besar negara yang diberikan kepada perusahaan-perusahaan unggulan terpilih.

Industri otomotif merupakan contoh sempurna dari dinamika ini. Bahkan ketika konsumsi mobil China mengalami stagnasi setelah mencapai puncaknya pada tahun 2016, ekspor mobil negara tersebut melonjak dengan kecepatan yang mencengangkan, sehingga memungkinkan negara tersebut untuk mengklaim diri sebagai eksportir kendaraan terbesar di dunia pada tahun 2022.

Prestasi yang tidak terduga ini dipicu oleh kebijakan pemberi pinjaman di Beijing yang dengan ceroboh mendanai produsen mobil tanpa mempedulikan hal tersebut. profitabilitas atau kelangsungan pasar yang mendasarinya.

Perusahaan EV pemula, Li Auto, melambangkan bagaimana subsidi negara melanggengkan perusahaan zombi. Perusahaan ini baru saja mengumumkan laba kuartalan pertamanya pada tahun 2023, sekaligus mengungkapkan dalam pengajuan peraturan bahwa keberadaannya bergantung pada serangkaian subsidi dan insentif pemerintah yang besar.

Kota Beijing, China.

Photo :
  • Pixabay

Di seluruh industri, banyak bukti empiris menunjukkan bahwa perusahaan-perusahaan terkemuka di China semakin bergantung pada dukungan negara seiring bertambahnya usia, sehingga menunjukkan penurunan inovasi dan keuntungan finansial seiring berjalannya waktu.

Didukung oleh dukungan Beijing, perusahaan-perusahaan China yang terlilit utang memanfaatkan aliran kredit murah yang tak ada habisnya untuk memperkuat kapasitas produksi jauh melampaui permintaan pasar, dan kemudian melepaskan kelebihan pasokan ke pasar global dengan harga yang tertekan secara artifisial.

Data menunjukkan kapasitas produksi panel surya di China kini jauh melampaui perkiraan permintaan global sebesar 80 persen. Surplus besar ini dimungkinkan karena Partai Komunis China dapat dengan mudah memerintahkan bank-bank kebijakan yang dikendalikan negara untuk membagikan aliran pendanaan tanpa terikat pada pertimbangan profitabilitas atau kelayakan komersial.

Konsekuensi dari model ekonomi statis ini ada dua, baik secara domestik maupun internasional. Di dalam negeri, hal ini melanggengkan ekosistem yang tidak produktif di mana perusahaan-perusahaan yang diunggulkan semakin kehilangan peningkatan produktivitas demi mengejar lebih banyak sumbangan negara.

Hasil pasar saham China yang sangat suram dibandingkan dengan tingkat pertumbuhan PDB yang sangat tinggi pada abad ini dengan jelas menyoroti kinerja buruk yang kronis dari perusahaan-perusahaan besar yang dimanjanya.

Di kancah internasional, gelombang pasang pasokan China di berbagai industri memicu reaksi proteksionis ketika para mitra dagang buru-buru melindungi perusahaan-perusahaan domestik agar tidak terpuruk akibat serangan yang tiada henti dari ekspor China dengan harga rendah yang membanjiri pasar mereka.

Orang-orang memakai masker di Beijing, China.

Photo :
  • AP Photo/Andy Wong.

Uni Eropa telah memberlakukan tarif terhadap panel surya berbiaya rendah dari China di tengah krisis pasokan di sektor ini, dan kemungkinan besar akan ada lebih banyak hambatan perdagangan defensif yang akan terjadi.

Pada dasarnya, cetak biru ekonomi Partai Komunis China berkisar pada penangguhan disiplin pasar bebas di semua sektor strategis sebagai bagian dari fatamorgana yang semakin menyedihkan mengenai swasembada dengan cara apa pun.

Mewujudkan impian yang salah arah ini memerlukan investasi berlebihan yang kronis, praktik pemberian pinjaman yang sembrono, subsidi terus-menerus terhadap perusahaan-perusahaan zombi yang tidak dapat bertahan hidup, dan pelepasan pasokan yang melimpah ke pasar global dengan harga yang sangat rendah sehingga sangat mengganggu kestabilan arus perdagangan internasional.

Menlu Yellen tentu saja dibenarkan menyebut bencana kelebihan pasokan panel surya sebagai contoh utama bagaimana kebijakan negara yang keras di Beijing mendistorsi perdagangan secara mengerikan.

Namun hal ini hanyalah sebuah gejala kemerosotan ekonomi yang jauh lebih dalam yang berasal dari keyakinan ideologis Partai Komunis China bahwa kekuatan pasar bebas harus ditaklukkan demi kepentingan prioritas industri nasional dan fiksasi kemandirian, tidak peduli betapa tidak efisiennya atau betapa mengganggunya dampak yang ditimbulkannya secara global.

Kecuali jika Beijing mengubah arah dan membiarkan kekuatan pasar untuk mendisiplinkan perusahaan-perusahaannya, krisis kelebihan kapasitas yang merusak perekonomian China hanya akan menjalar ke sektor-sektor yang lebih strategis, meningkatkan gesekan internasional dan pada akhirnya merusak fondasi perdagangan global yang terbuka dan berdasarkan aturan yang telah mengkatalisasi kemakmuran. selama beberapa dekade.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya