Viral Video Ceramah Sholat Idul Fitri Singgung Politik, Jemaah Auto Bubar

Sholat Idul Fitri 2011
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

Yogyakarta – Umat Muslim baru saja merayakan Hari Raya Idul Fitri di seluruh penjuru negeri. Namun menariknya, ada saja hal yang bikin geleng kepala yang terjadi saat pelaksanaan sholat Idul Fitri alias sholat ied. Seperti yang terjadi pada sebuah video viral berikut ini.

Fourtwnty Tutup Jakarta Lebaran Fair dengan Manis 

Jadi penasaran bukan momen menarik apa yang terjadi saat pelaksanaan sholat Idul Fitri digelar? Scroll untuk baca artikel selengkapnya berikut ini.

Indosat Tetap Tenang meski Ada Lonjakan

Penceramah Singgung Politik

Baru-baru ini beredar sebuah video viral di media sosial yang bikin ngakak sejumlah warganet. Bagaimana tidak, video tersebut menampilkan sebuah momen langka setelah digelarnya pelaksanaan sholat hari raya Idul Fitri yang jatuh pada Rabu, 10 April 2024 lalu. 

DPRD Provinsi Jambi Gelar Acara Halal Bihalal, Edi Purwanto: Semoga Kembali Fitri

Diketahui dari unggahan video yang dibagikan ulang oleh akun Instagram @mood.jakarta baru-baru ini memperlihatkan situasi yang terjadi setelah sholat Idul Fitri atau sholat Ied digelar.

Di mana terdapat jemaah pria dan wanita yang terlihat kabur meninggalkan tempat sholat Idul Fitri seketika. Dalam video tersebut terlihat satu per satu jemaah  membubarkan diri meninggalkan lapangan tempat digelarnya sholat Idul Fitri.

Diketahui dari keterangan bahwa pemicu jemaah membubarkan diri dari tempat sholat saat ceramah tengah berlangsung pun karena khotib memberikan isi ceramah yang jauh dari tema sholat Idul Fitri.

Alih-alih memberikan isi ceramah dengan materi yang menyejukkan hati jemaah dan masih berkaitan dengan tema hari raya kemenangan umat Muslim, ini justru tidak. Berbeda dengan yang dilakukan pada umumnya, khatib sholat Ied yang diketahui terjadi di Lapangan Tamanan, Bantul DIY ini justru malah menyinggung tema politik. 

"Viral sebuah video perlihatkan jamaah yang bubar sebelum waktunya akibat khotbah yang berisi politik," tulis keterangan dalam Instagram mood.jakarta dikutip VIVA.co.id pada Jumat, 12 April 2024.

Sontak saja imbas dari isi ceramah yang membahas soal politik ini pun lantas membuat para jemaah yang merasa jengah meninggalkan lapangan.

Reaksi Warganet

Unggahan video yang viral di media sosial ini pun sukses bikin warganet bikin geleng kepala.

"Bahaya politik identitas," tulis warganet.

"Aku pernah dengar seseorang berkata "Indonesia terlalu laku jika menjual tentang Agama", sekarang aku paham kenapa orang tersebut mengatakan demikian, miris. Tempatkan politik pada tempatnya, jangan segala sesuatunya di sangkut pautkan dgn politik," sahut lainnya.

"Lagi lagi pendukung Abah sipaling. Apa guys tulis di coment," tulis lainnya.

"Ini niih dampak dari politik identitas, jual2 agama. Momen lebaran yg harusnya jadi momentum untuk bermaaf maafan, silaturahmi, riang gembira, rusak gegara politik,"seru lainnya.

"Jemaah yg cerdas, kalo mau berpolitik menjelekan seseorang jangan dimomen lebaran yang sakral untuk membersihkan hati penceramah carilah yg menyejukan hati dan saling memaafkan isi ceramahny ini rusak lah agama kita , kalo mau berpolitik di luar ceramah khutbah atau di diskusi agama jangan pas khutbah sekian," tandas lainnya.

"udah latihan berkali-kali dirumah "Wah gw keren nih besok" taunya zoooonkkk," tulis lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya