Jayabaya Ramal Soal Sosok Pemimpin Bangsa yang Bijaksana, Begini Katanya

Jayabaya
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Jayabaya, seorang monarki yang bijaksana dari Kerajaan Kediri, dikenal karena keahliannya dalam meramal masa depan. Dalam salah satu prediksinya, pada masa pemerintahannya antara tahun 1135 hingga 1159 Masehi, ia menekankan tentang sifat-sifat yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin yang sesungguhnya.

Pemerintah Kantongi Rp 24,12 Triliun dari Pajak Fintech hingga Transaksi Kripto

1. Berilmu dan Bijaksana

Seorang pemimpin yang berkualitas haruslah memiliki pengetahuan yang meluas dan kemampuan untuk mengambil keputusan yang bijaksana di tengah kompleksitas situasi yang dihadapi.

5 Negara dengan Pemerintahan Diktator di Dunia Modern

2. Adil dan Bijaksana

Prinsip keadilan adalah pondasi tak tergantikan dalam kepemimpinan yang efektif. Pemimpin yang berkeadilan akan memastikan bahwa kepentingan seluruh warga negara terjaga dengan baik.

Marak Pencurian Kabel hingga Pagar Jembatan, Sahroni: Pelaku Harus Dijerat Pasal Berlapis

3. Menjaga Kerukunan dan Persatuan

Jayabaya

Photo :
  • Istimewa

Kemampuan untuk menjaga kerukunan dan persatuan di tengah perbedaan dan tantangan yang dihadapi oleh masyarakat adalah ciri khas dari seorang pemimpin yang sesungguhnya.

4. Melindungi Rakyat dari Segala Ancaman

Tanggung jawab utama seorang pemimpin adalah untuk melindungi rakyatnya dari segala ancaman, baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri, sebagai suatu kewajiban yang tak terbantahkan.

5. Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat

Seorang pemimpin yang layak akan berupaya sungguh-sungguh untuk meningkatkan kesejahteraan dan mutu hidup bagi seluruh penduduknya. Meskipun ramalan Jayabaya mengenai ciri-ciri pemimpin ideal masih relevan hingga kini, menciptakan sosok pemimpin yang memenuhi standar tersebut masih menjadi tantangan yang besar.

Pendidikan politik yang lebih baik serta partisipasi aktif masyarakat dalam proses demokrasi menjadi kunci untuk memastikan pemilihan pemimpin yang tepat. Pesan yang dapat dipetik dari ramalan Jayabaya menggarisbawahi pentingnya peran serta masyarakat dalam menentukan masa depan negara.

Dengan meningkatkan kesadaran politik dan terlibat secara aktif dalam proses demokrasi, kita dapat bersama-sama menciptakan pemimpin yang memenuhi harapan Jayabaya dan mengarahkan negara ini menuju kebaikan yang lebih besar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya