5 Angkatan Laut Terkuat di Dunia, Peringkat Indonesia Tak Main-main!

VIVA Militer: Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut
Sumber :
  • Instagram TNI AL

Jakarta – Direktori Dunia Kapal Perang Militer Modern atau World Directory of Modern Military Warships (WDMMW) merilis daftar Global Naval Power Ranking 2023. Dari 36 negara, Indonesia menduduki peringkat 4 angkatan laut terkuat di dunia setelah Amerika Serikat (AS), China, dan Rusia.

62 Kolonel TNI Naik Pangkat Jadi Jenderal Bintang Satu, Ini Daftar Lengkapnya!

Dikutip dari laman resminya, Direktori Dunia Kapal Perang Militer Modern menampilkan hasil pengamatan tentang kekuatan saat ini dan kelemahan mendasar dari dinas angkatan laut militer modern di tingkat global.

Informasi ini bertujuan menampilkan gambaran dan analisis tentang aspek utama peperangan modern, seperti penguasaan laut dan jalur perairan pentingnya.

Jenderal Perang Angkatan Laut Belanda Datangi Markas Sarang Petarung Marinir, Ada Apa?

1. Amerika Serikat: skor 323,9

VIVA Militer: Kapal perusak USS Mason (DDG-87) Angkatan Laut Amerika Serikat

Photo :
  • usni.org
Fakta-fakta Dua Helikopter AL Malaysia Tabrakan di Udara, 10 Orang Tewas

Angkatan laut AS atau United States Navy menduduki peringkat pertama daftar angkatan laut terkuat di dunia versi WDMMW pada 2023. Peringkat ini didapat karena AS memiliki total 243 unit armada laut yang aktif digunakan.

Armada ini terdiri dari 11 kapal induk, 68 kapal selam, 131 armada inti, dan 33 unit kapal serbu amfibi. Jumlah kapal ini tidak termasuk kapal patroli yang lebih kecil, kapal tambahan, kapal pengisian ulang bahan bakar, dan kapal seremonial.

AL Amerika Serikat juga memiliki kapal dengan usia lambung rata-rata 23,3 tahun. Sementara angkatan lautnya telah berpengalaman sejak dibentuk pada 1775 atau 248 tahun lalu.

2. China: skor 319,8

VIVA Militer: Kapal perang Angkatan Laut China (PLAN) di dekat perairan Taiwan

Photo :
  • scmp.com

Angkatan laut China atau Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (Zhongguo Renmin Jiefangjun Haijun) menempati posisi kedua dengan total 425 unit armada.

Kekuatannya didukung oleh tiga unit kapal induk, 72 kapal selam, 339 armada inti, dan 11 kapal amfibi. Meski lebih banyak dibandingkan AS, negara ini memiliki angkatan laut yang berusia lebih muda.

Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat dibentuk 74 tahun lalu tepatnya pada 1949. Armada dalam inventarisnya juga berisi beberapa unit muda yang baru berusia rata-rata 13,8 tahun.

3. Rusia: skor 242,3

VIVA Militer: Kapal perang Cesar Kunikov (BDK-64) Angkatan Laut Rusia

Photo :
  • ft.com

Angkatan laut Rusia memiliki inventaris berisi total 265 unit armada. Armada ini terdiri dari satu kapal induk, 58 kapal selam, 185 armada inti, dan 21 kapal amfibi. Rata-rata usianya 30 tahun.

Angkatan Laut Kekaisaran Rusia saat ini berumur 327 tahun sejak berdiri pada 1696. Meski begitu, negara ini berusaha menerapkan modernisasi dalam tubuh angkatan laut. Hal itu terlihat dari rencana mereka mengoperasikan 80 kapal baru mulai beroperasi depan.

4. Indonesia: skor 137,3

VIVA Militer: Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut

Photo :
  • Website TNI AL

Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut berada di posisi keempat dalam daftar ini. TNI AL memiliki total 243 unit armada.

Kapal yang dimiliki terdiri dengan empat unit kapal selam, 209 armada inti, dan 30 kapal amfibi. Rata-rata usia lambung kapal 21,8 tahun.

Dibentuk pada 1945, TNI AL kini berusia 78 tahun. Sejak pembentukan itu, Indonesia tidak memiliki kapal induk.

Di antara kapal yang ada, kapal selam yang memiliki penilaian positif. Hal ini karena unit kapal selam yang memiliki armada berusia muda, yakni kapal selam Nagapasa 403 berusia 6 tahun, Ardadedali usia 5 tahun dan Alugoro usia 2 tahun. Armada yang berusia tua adalah kapal selam Nanggala 401 berusia 42 tahun.

5. Korea Selatan: skor 122,9

VIVA Militer: Kapal selam Angkatan Laut Korea Utara (Korut)

Photo :
  • line.17qq.com

Angkatan Laut Republik Korea Selatan atau Daehan-minguk Haegun berada di posisi kelima dengan skor 122,9. Inventarisnya terdiri dari total 138 unit kapal.

AL Korea Selatan memiliki 18 kapal selam, 110 armada inti, dan 10 unit amfibi dengan usia rata-rata 22,4 tahun. Sama seperti Indonesia, AL Negeri Ginseng berdiri pada 1945 dan kini berusia 78 tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya