Kisah Sosok Ini Jadi Jenderal TNI Berkat ‘Ramalan’ Boneka

VIVA Militer: Jenderal TNI (Purn.) Soemitro
Sumber :
  • Youtube

Jakarta – Viral cerita tentang seorang Jenderal TNI yang memilih karier militer karena pengalaman dengan boneka jailangkung. Jenderal TNI (Purn) Soemitro, lahir di Sebaung, Gending, Probolinggo pada 13 Januari 1927.

Brunei Darussalam: Destinasi Pendidikan Menjanjikan dengan Biaya Kuliah yang Terjangkau

Dalam buku berjudul "Soemitro: dari Pangdam Mulawarman sampai Pangkopkamtib", diceritakan bahwa Soemitro semula bercita-cita menjadi insinyur. Namun, jalan hidupnya membawanya menjadi seorang Jenderal TNI.

Dalam buku tersebut dikisahkan saat Soemitro berusia 15 tahun, ia dan teman pondokan di Surabaya, Gatot Supangkat, iseng bermain jailangkung. Pertanyaan pertama yang keluar dari mulut Soemitro adalah mengenai masa depannya.

Ini Kisaran Biaya Kuliah di Malaysia, Pilihan Tepat di Tengah Kenaikan UKT?

Jailangkung 2017

Photo :
  • Screenplay Films

Secara ajaib, boneka jailangkung tersebut kemudian menuliskan huruf “M A J O R”. Benar saja,Soemitro benar-benar menjadi seorang tentara setelah menempuh pendidikan di Meer Uitgebreid Lager Onderwijs (MULO).

Ini Sosok Ratu Adil yang Bakal Bikin Indonesia Berjaya Menurut Ramalan Jayabaya

Awal mula dirinya masuk dunia militer adalah menjadi anggota PETA (Pembela Tanah Air) yang dibentuk oleh Jepang saat menduduki Indonesia.

Soemitro pun mengikuti pendidikan perwira di Bogor dan dikenal cukup nakal karena sering minggat dari asrama untuk mencari makan di dapur atau kamar instruktur.

VIVA Militer: Jenderal TNI (Purn.) Soemitro

Photo :
  • Youtube

Sementara itu, karir Soemitro di dunia militer berjalan cukup moncer. Ia diketahui pernah menduduki beberapa jabatan strategis, seperti Pangdam IX/Mulawarman (1964-1965), Panglima Komando Pemulihan Keamanan dan Ketertiban (1971-1974), Wakil Panglima ABRI (1973-1974), dan lainnya.

Soemitro pun pensiun dengan gelar Jenderal, melampaui gelar yang diramalkan oleh jailangkung yang ia mainkan di masa kecilnya. Demikian kisah Sosok Jenderal TNI yang Jadi Tentara Gara-gara Boneka Jailangkung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya