4 Potret Adem Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri setelah Mualaf

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri di Mapolda Papua
Sumber :
  • VIVA/Aman Hasibuan

VIVA –Kapolda Papua Inspektur Jenderal (Irjen) Mathius D Fakhiri terlihat cukup aktif mengikuti kegiatan keagamaan bersama umat Muslim setelah dirinya resmi memeluk agama Islam atau mualaf.

Kisah Mualaf Cristian Gonzales, Ini yang Membuatnya Tertarik dengan Islam

Sebagai informasi, sebelum menjadi seorang Muslim, Mathius merupakan penganut agama Hindu.

Dalam konferensi pers beberapa waktu lalu, Mathius menceritakan ihwal perjalanan spiritualnya yang membuat yakin memilih Islam sebagai agamanya.

Terpopuler: Takut Alquran Mantan Artis Cilik Putuskan Mualaf hingga 5 Tips Pilih Sandal yang Nyaman

Menurutnya, proses yang dilalui tidaklah mudah dan instan, melainkan dilalui dengan susah payah dan panjang, mulai dari mempelajari dan memahami Islam secara mendalam.

Allah Hapus Semua Ingatan Pria Ini, Hanya Ingat Satu Kata: Alhamdulillah

Keseriusan Mathius terhadap Islam dibuktikan dengan sejumlah kegiatan yang dia lakukan di bulan Ramadhan lalu. Ia tampak rutin berkeliling dari masjid ke masjid untuk mengikuti kajian dan memberi sedekah.

Berikut sederet potret Mathius usai resmi menjadi mualaf

1. Safari Ramadhan

Dalam potret di atas tampak Mathius tengah melakukan safari Ramadhan di Masjid Al Muhajirin, Koya Barat, Kecamatan Muara Tami, Kota Jayapura, Papua pada Jumat 29 Maret 2024 lalu.

Pada kesempatan tersebut, Irjen Mathius mengatakan terima kasih karena sudah diterima dengan baik. Dia menyebut kegiatan serupa telah dilaksanakan di Kabupaten Keerom, Kabupaten Jayapura dan Biak Numfor.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada umat Muslim khususnya yang ada di Koya Barat yang sudah bersama sama menjaga Kamtibmas,” kata dia dikutip dari Instagram @humaspoldapapua_ Kamis, 18 April 2024.

2. Membantu Masjid

Irjen Mathius juga kerap memberi sumbangan untuk pembangunan masjid. Dalam potret di atas dia menyerahkan 200 sak semen ke Masjid Babussalam Biak, Kabupaten Biak Numfor, Papua, Minggu 7 April 2024 lalu.

Penyerahan bantuan yang dilakukan di sela-sela Safari Ramadhan 1445 Hijriah itu disaksikan pengurus masjid dan pejabat Polda Papua.

Mathius Fakhiri usai menyerahkan bantuan berharap dengan adanya bantuan tersebut dapat mempercepat proses pembangunan masjid yang saat ini sedang dilaksanakan.

"Bila masih ada kekurangan, Insya Allah kami akan membantu, " kata Mathius Fakhiri dikutip dari Antara Kamis.

3. Ikut kajian

Dalam potret di atas terlihat Irjen Mathius didampingi Kepala BNN Provinsi Papua, Brigjen Norman Widjajadi sedang mengikuti kajian yang diadakan di Masjid Nurul Haq Koya Barat, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura dalam rangkaian safari Ramadhan pada Sabtu 30 Maret 2023.

Kapolda Papua, Inspektur Jenderal (Irjen) Mathius D Fakhiri

Photo :
  • Antara

Irjen Mathius juga terlihat hadir dalam pelaksanaan salat Idul Fitri 1445 Hijriah yang digelar di Lapangan Mapolda Jayapura pada Rabu 10 April 2024 lalu.

"Alhamdulillah pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1445 Hijriah berlangsung aman dan itu menjadi bukti tingginya toleransi di Tanah Papua," kata Mathius.

Dia berharap toleransi dapat terus terjaga sehingga Papua dapat menjadi contoh bagi daerah lainnya di Indonesia. "Terus jaga toleransi antar umat beragama dan pererat tali persaudaraan sehingga keamanan tetap terjaga," ucapnnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya