Viral Bule Cabul Bikin Sekte Sesat di Bali, Sandiaga Uno Buka Suara!

Sekelompok turis asing melakukan sekte sesat di Bali - Sumber Foto Tangkapan layar instagram @niluhdjelantik
Sumber :
  • VIVA.co.id/Maha Liarosh (Bali)

Bali – Aksi nekat seorang WNA di Bali menggemparkan publik. Ia diketahui memimpin sebuah sekte sesat yang melakukan ritual cabul di Ubud, Gianyar. Video kegiatan ritual tersebut beredar luas di media sosial dan menuai kecaman dari masyarakat sekitar.

Top Trending: Jayabaya Tidak Pernah Menulis Ramalan Hingga Bali DiJajah WNA

Peristiwa ini pertama kali diungkap oleh perancang busana kenamaan Bali, Niluh Putu Ary Pertami Djelantik atau yang di kenal dengan Niluh Djelantik.

Melalui akun Instagramnya, Niluh mengunggah video yang menunjukkan sekelompok Warga Negara Asing (WNA) melakukan ritual dengan cara yang tidak senonoh.

BNI Java Jazz Festival 2024 Sukses Digelar, Sandiaga Uno Bangga Dipuji Wisatawan Asing
Heboh Bule New Zealand Batal Masuk ke Wisata Alam Bantimurung Sulsel Gara-gara Tiket Mahal

Dalam video tersebut, terlihat para wanita yang diduga kehilangan kesadaran diraba-raba oleh para pria secara bergantian. Ritual ini pun dinilai meresahkan dan tidak menghormati nilai-nilai budaya Bali.

Sontak, unggahan Niluh Djelantik ini viral dan mendapat banyak perhatian dari warganet. Banyak yang mengecam aksi WNA tersebut dan meminta pihak berwenang untuk segera menindak tegas.

Menanggapi hal ini, Direktoral Jenderal Imigrasi (Dikjen Imigrasi) menyatakan akan segera menindaklanjuti laporan tersebut. Pihak Imigrasi akan melakukan penyelidikan terkait kegiatan ritual cabul tersebut.

“Terima kasih atas laporannya, akan kami tindak lanjuti segera. cc @kemenkumhambali @imngurahrai @imigrasidenpasar,” kata akun @ditjen_imigrasi.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, juga turut angkat bicara terkait kasus ini. Ia mengutuk keras aksi WNA tersebut dan berjanji akan melakukan tindakan tegas.

"Matur suksma mbok Niluh yang selalu gerak cepat. Kita tindak tegas!" tulis Sandiaga Uno dalam pesan singkat kepada Niluh yang di unggah di Instagramnya.

Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol Jansen Avitus Panjaitan S.I.K., M.H., mengatakan, dari hasil lidik yang dilakukan oleh Polres Gianyar salah satu pelaku diduga merupakan WNA asal India yang bernama Satyarthiprateek. Pelaku juga termasuk bule-bule yang menjadi peserta sekte sesat itu.

"Dari hasil pengecekan di beberapa lokasi yang kita curigai, sementara pemilik lokasi tidak mengakui adanya kegiatan sesat tersebut di tempatnya," jelas Kombes Pol. Jansen.

Diperkirakan bule-bule itu melakukan kegiatan sekte sesat dengan cara berpindah-pindah lokasi tanpa izin pemiliknya. Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar, Tedy Riyandi mengungkapkan, imigrasi telah mengantongi salah satu identitas WNA yang ada di dalam video viral tersebut, dan telah melakukan pengecekan di database bahwa WNA itu saat ini tidak berada di Wilayah Indonesia.

"Yang bersangkutan telah meninggalkan Indonesia pada bulan April lalu tepatnya pada tanggal 22 April 2024. Jadi dapat kami simpulkan saat ini bahwa video yang viral tersebut merupakan video lama," jelas Tedy Minggu, 12 Mei 2024.

Dikatakan Tedy, Imigrasi juga telah melayangkan surat pemanggilan kepada penjamin atau sponsor dari WNA Itu untuk dimintai keterangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya