Arafah dan Jabal Rahmah: Simbol Penting dalam Ibadah Haji

Jabal Rahmah di Arafah saat Wukuf
Sumber :
  • MCH 2022

VIVA – Arafah dan Jabal Rahmah adalah dua lokasi yang sangat penting dalam ibadah haji bagi umat Islam. Setiap tahun, jutaan jamaah haji dari seluruh dunia berkumpul di padang Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah untuk melaksanakan wukuf, yang merupakan salah satu rukun haji.

Terpopuler: Boikot Atlet Israel di Olimpiade Paris 2024, Cristiano Ronaldo KW Naik Haji

Di Arafah, terdapat bukit bernama Jabal Rahmah yang memiliki makna sejarah dan spiritual yang mendalam. Artikel ini akan membahas tentang sejarah, makna, dan signifikansi Arafah dan Jabal Rahmah dalam konteks ibadah haji.

Sejarah dan Makna Arafah

45 Jemaah Haji Indonesia Masih Dirawat di RS Arab Saudi, Update Informasi Melalui Layanan Ini

Padang Arafah terletak sekitar 20 kilometer di sebelah timur kota Mekah. Menurut sejarah Islam, Arafah adalah tempat di mana Nabi Adam dan Hawa bertemu kembali setelah dipisahkan dan diturunkan dari surga.

Kata "Arafah" sendiri diyakini berasal dari kata "arafa" yang berarti "mengetahui" atau "mengenal", merujuk pada pengenalan mereka satu sama lain setelah bertahun-tahun berpisah.

Bikin Heboh, 'Cristiano Ronaldo' Naik Haji

Arafah juga dikenal sebagai tempat di mana Nabi Muhammad SAW menyampaikan Khutbah Wada' (Khotbah Perpisahan) pada Haji Wada' (Haji Perpisahan) di tahun ke-10 Hijriah.

Masjid Namirah di kawasan Arafah, Makkah, Arab Saudi

Photo :
  • @LifeSaudiArabia

Dalam khutbah ini, beliau menekankan pesan-pesan penting tentang kesetaraan, keadilan, dan hak-hak asasi manusia yang menjadi landasan moral bagi umat Islam.

Jabal Rahmah

Jabal Rahmah, yang berarti "Bukit Rahmat", adalah sebuah bukit kecil yang terletak di padang Arafah. Bukit ini dipercaya sebagai tempat di mana Nabi Adam dan Hawa bertemu kembali dan Allah SWT mengampuni dosa-dosa mereka. Karena itu, Jabal Rahmah menjadi simbol pengampunan dan rahmat Ilahi.

Banyak jamaah haji yang berdoa di Jabal Rahmah, memohon ampunan dan rahmat dari Allah SWT. Meskipun tidak ada ritual khusus yang diwajibkan di Jabal Rahmah, keberadaannya memberikan nilai spiritual tambahan bagi mereka yang menjalankan ibadah haji.

Signifikansi dalam Ibadah Haji

Wukuf di Arafah adalah salah satu puncak ibadah haji. Pada hari Arafah, jamaah haji diwajibkan berada di padang Arafah dari waktu Dzuhur hingga Maghrib. Selama waktu ini, mereka berdoa, berzikir, dan memohon ampunan dari Allah SWT. Nabi Muhammad SAW bersabda, "Haji adalah Arafah," yang menunjukkan betapa pentingnya wukuf di Arafah dalam rangkaian ibadah haji.

Jabal Rahmah di Arafah saat Wukuf

Photo :
  • MCH 2022

Kehadiran di Arafah menjadi momen refleksi dan spiritualitas yang mendalam bagi setiap jamaah. Mereka merasakan kedekatan dengan Allah SWT dan memperbarui tekad untuk hidup lebih baik setelah kembali ke tanah air.

Arafah dan Jabal Rahmah adalah dua lokasi yang penuh dengan nilai sejarah, makna spiritual, dan signifikansi dalam ibadah haji. Wukuf di Arafah menjadi momen puncak dalam haji, memberikan kesempatan bagi jamaah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, memohon ampunan, dan merasakan kedamaian spiritual.

Sementara itu, Jabal Rahmah menjadi simbol pengampunan dan rahmat Ilahi, memperkaya pengalaman spiritual para jamaah haji.

Setiap tahunnya, jutaan umat Islam yang beribadah haji merasakan kekuatan spiritual dari Arafah dan Jabal Rahmah, memperbaharui iman dan komitmen mereka untuk menjalani hidup yang lebih baik sesuai dengan ajaran Islam.

Baca artikel VIVA Trending menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya