6 Amalan yang Pahalanya Seperti Berhaji dan Umrah

Masjid Namirah di kawasan Arafah, Makkah, Arab Saudi
Sumber :
  • @LifeSaudiArabia

VIVA – Haji dan umrah adalah ibadah yang sangat mulia dan memiliki kedudukan tinggi dalam Islam. Bagi banyak umat Islam, menunaikan haji dan umroh adalah impian yang didambakan seumur hidup.

Berikan Closing Statement, Menag Yaqut Sebut Haji 2024 Berjalan Lancar dan Sukses

Namun, tidak semua orang memiliki kesempatan untuk melaksanakan kedua ibadah tersebut karena berbagai kendala, baik finansial, kesehatan, maupun kondisi lainnya. Islam, dengan segala kemudahannya, memberikan berbagai amalan yang pahalanya setara dengan haji dan umroh.

Artikel ini akan membahas beberapa amalan tersebut berdasarkan hadits-hadits sahih. Berikut ini 6 amalan yang pahalanya setara dengan Haji dan Umroh

Terpopuler: Boikot Atlet Israel di Olimpiade Paris 2024, Cristiano Ronaldo KW Naik Haji

Shalat Isyraq

Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa yang shalat Shubuh berjamaah, kemudian duduk berdzikir kepada Allah hingga terbit matahari, kemudian shalat dua rakaat, maka ia akan mendapatkan pahala seperti pahala haji dan umroh, sempurna, sempurna, sempurna." (HR. Tirmidzi)

45 Jemaah Haji Indonesia Masih Dirawat di RS Arab Saudi, Update Informasi Melalui Layanan Ini

Shalat Isyraq adalah shalat sunnah dua rakaat yang dilakukan setelah terbitnya matahari. Keutamaan amalan ini adalah mendapatkan pahala seperti melaksanakan haji dan umroh secara sempurna.

ilustrasi sholat/salat/shalat

Photo :
  • Istimewa

Berjalan ke Masjid untuk Shalat Berjamaah

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa yang keluar dari rumahnya dalam keadaan suci untuk shalat fardhu, maka pahalanya seperti pahala orang yang berhaji dalam keadaan ihram." (HR. Abu Dawud)

Berjalan ke masjid dengan niat yang ikhlas dan dalam keadaan suci untuk melaksanakan shalat berjamaah memiliki pahala yang sangat besar, setara dengan berhaji.

Shalat Dhuha

Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa yang shalat Dhuha dua belas rakaat, Allah akan membangunkan baginya sebuah istana di surga." (HR. Tirmidzi)

Meskipun tidak disebutkan secara langsung dalam hadits bahwa shalat Dhuha setara dengan haji dan umroh, pahala yang dijanjikan sangat besar, dan beberapa ulama menyebutkan bahwa keutamaannya mendekati pahala haji dan umroh.

Ilustrasi Sholat

Photo :
  • Sholat Tahajud

Menghadiri Majelis Ilmu

Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa yang pergi ke masjid hanya untuk mempelajari kebaikan atau mengajarkannya, maka baginya pahala seperti orang yang menyempurnakan haji." (HR. Thabrani)

Menghadiri majelis ilmu, baik sebagai pelajar maupun pengajar, mendapatkan pahala yang sangat besar, setara dengan menyempurnakan haji.

Berbuat Baik kepada Orang Tua

Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa berbakti kepada orang tua memiliki pahala yang sangat besar. Dari sahabat Anas bahwa Nabi Muhammad SAW pernah berpesan kepada seseorang supaya berbakti kepada ibunya. “Beliau bersabda: Kamu seperti berhaji, berumrah, dan berjuang di jalan Allah.

Umroh di Bulan Ramadhan

Ribuan Jemaah Haji Tawaf

Photo :
  • MCH 2022/Susanto

Rasulullah SAW bersabda: "Umroh di bulan Ramadhan setara dengan haji bersamaku." (HR. Bukhari). Meskipun ini adalah umroh yang dilakukan di bulan Ramadhan, namun karena waktunya yang spesifik, pahala yang didapatkan setara dengan berhaji bersama Rasulullah SAW.

Islam adalah agama yang penuh dengan kemudahan dan rahmat. Bagi mereka yang tidak memiliki kesempatan untuk melaksanakan haji dan umroh, terdapat banyak amalan lain yang pahalanya setara dengan kedua ibadah tersebut. Dari shalat Isyraq, berjalan ke masjid, shalat Dhuha, menghadiri majelis ilmu, hingga berbakti kepada orang tua, semua memberikan pahala yang sangat besar.

Dengan melakukan amalan-amalan ini dengan ikhlas dan konsisten, insya Allah, umat Islam dapat meraih pahala yang setara dengan haji dan umroh, meskipun mereka belum berkesempatan melaksanakannya secara langsung.

Baca artikel VIVA Trending menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya