ILC Selasa 20 Agustus 2019: Perlukah Ibu Kota Dipindahkan?

Tema Program ILC 20 Agustus 2019: Perlukah Ibu Kota Dipindahkan?
Sumber :
  • tvOne

VIVA – Pemindahan ibu kota RI kini terus ramai digunjingkan publik. Apalagi setelah resmi diumumkan Presiden Jokowi saat pidato kenegaraan di Sidang Tahunan DPD dan DPR di Senayan, 16 Agustus 2019. 

Di Rapat Paripurna, Demokrat dan PKS Minta Pemerintah Tunda Pemindahan Ibu Kota

Memang belum diumumkan secara rinci, ke wilayah mana ibu kota baru akan berlokasi. Yang jelas, ibu kota RI akan pindah dari Jakarta ke suatu wilayah di Pulau Kalimantan.    

"Pada kesempatan yang bersejarah ini. Dengan memohon ridho Allah SWT, dengan meminta izin dan dukungan dari Bapak Ibu Anggota Dewan yang terhormat, para sesepuh dan tokoh bangsa terutama dari seluruh rakyat Indonesia, dengan ini saya mohon izin untuk memindahkan ibu kota negara kita.....," kata Presiden Jokowi.

Menpan RB Tegaskan Telah Siapkan 4 Skenario Pemindahan ASN ke IKN

Belum selesai dia menyelesaikan kalimatnya, para hadirin Wakil Rakyat pun bertepuk tangan secara meriah. "Ke Pulau Kalimatan," lanjut Presiden yang kembali mengundang tepuk tangan. 
 
Bagi Jokowi, ibu kota bukan hanya simbol identitas bangsa, tetapi juga representasi kemajuan bangsa. Pemindahan ibu kota ke Kalimantan ini pun demi terwujudnya pemerataan dan keadilan ekonomi. "Ini demi visi Indonesia Maju. Indonesia yang hidup selama-lamanya," katanya.

Jauh-jauh hari sebelum pidato Jokowi itu, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) sudah menargetkan pelaksanaan pemindahan ibu kota baru harus mulai pada 2024. Pada tahap awal, pemerintah lebih dulu membangun pusat pemerintah dan selanjutnya menyiapkan fasilitas - fasilitas pendukukung.

Intip Sejumlah Tantangan Dalam Pemindahan IKN ke Kalimantan

Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro, pada 1 Agustus lalu menyampaikan pembangunan pusat-pusat pemerintah di ibu kota baru akan didahului untuk lembaga eksekutif, legislatif dan yudikatif. Zona inti pusat pemerintah nantinya akan seluar 2.000 hektare.

Namun, seberapa besar urgensinya memindahkan ibu kota negara? Mengapa harus mulai dilakukan lima tahun mendatang? Mengapa pula harus di luar Pulau Jawa? Berapa besar biaya yang harus dikeluarkan dan apa saja dampak yang harus diantisipasi pemerintah dan rakyat? 

Program talkshow unggulan dari tvOne, Indonesia Lawyers Club, akan mengupas tuntas soal rencana pemindahan ibu kota ini. Para tokoh nasional, mulai dari pejabat, politisi, hingga para pengamat terkemuka akan adu pendapat, bahkan debat panas bisa saja terjadi dalam ILC yang akan dipandu oleh Karni Ilyas sebagai host. 

Saksikan ILC bertema "Perlukah Ibu Kota Dipindahkan?" pada Selasa malam 20 Agustus 2019 pukul 20.00 WIB hanya di tvOne. Pemirsa bisa utarakan pendapat lewat Twitter dengan tagar #ILCPerlukahIbuKotaPindah    

>
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya