Diskusi Seru ILC Malam Ini: Papua, Mencari Jalan Terbaik

Diskusi Seru ILC Malam Ini: Papua; Mencari Jalan Terbaik
Sumber :
  • tvOne

VIVA – Gelombang unjuk rasa yang sebagian disertai kerusuhan pecah di sejumlah kota di Papua dan Papua Barat sejak 19 Agustus 2019. Demonstrasi itu merespons penangkapan sejumlah mahasiswa asal Papua oleh aparat kepolisian dan tentara di beberapa tempat di Jawa Timur pada 17 Agustus 2019.

Pengawasan Pilkada 2024 di Kabupaten Puncak Papua Terancam Tak Maksimal

Kerusuhan mengakibatkan terbakarnya gedung DPRD Manokwari. Menurut laporan pemerintah, tiga polisi terluka akibat lemparan batu dari para pengunjuk rasa. Selain fasilitas umum, beberapa properti pribadi juga dibakar. Beberapa dari para pengunjuk rasa membawa bendera Bintang Kejora--bendera lama Nugini Belanda yang digunakan oleh Organisasi Papua Merdeka--sambil meneriakkan slogan-slogan pro-kemerdekaan

Kerusuhan itu tak hanya melumpuhkan perekonomian sebagain kota di Papua dan Papua Barat, melainkan juga bergeser ke isu separatisme. Sebab, di Jayapura, Papua, ratusan pengunjuk rasa menurunkan bendera Merah Putih di depan kantor gubernur. Para pengunjuk rasa juga memblokade jalan ke Bandar Udara Sentani.

Amnesty International Sebut Pelanggaran HAM di RI Semakin Buruk, Aparat Paling Banyak Terlibat

Unjuk rasa juga terjadi di Sorong, dan di sana dilaporkan terdengar suara tembakan. Menanggapi cercaan "monyet" di Surabaya, beberapa pengunjuk rasa berpakaian monyet. Massa menyerbu Bandar Udara Domine Eduard Osok dan melemparkan batu ke jendela kaca bandara, mengakibatkan kerusakan pada gedung terminal.

Selain dari bandara, penjara kota juga dibakar, mengakibatkan 258 orang narapidana serta tahanan melarikan diri dan melukai beberapa penjaga penjara.

Dokter Boyke Sebut Perilaku Menyimpang Homoseksual Bisa Terjadi di Dalam Sel Tahanan

Gejolak di Tanah Papua bukan baru terjadi. Wacana referendum kembali muncul di era Presiden Joko Widodo, mengemuka dan mengancam kedaulatan negeri.

Saksikan dialog seru dengan sejumah narasumber tentang gejolak di tanah Papua dalam program Indonesia Lawyers Club di tvOne pada pukul 20.00 WIB, Selasa, 3 September 2019.

Chandrika Chika

Kondisi Terkini Chandrika Chika di Tahanan, Usai Jadi Tersangka Kasus Narkoba

Usai resmi ditahan, orangtua Chandrika Chika langsung menjenguk sang putri. Ibunda Chandrika Chika, Poppy Putry, mengungkapkan bahwa anaknya dalam keadaan yang baik.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024