Melihat Lebih Dekat Pabrik Mobil Esemka

Mobil Esemka Bima.
Sumber :
  • Fajar Sodiq/VIVAnews.

VIVA – Presiden Joko Widodo telah meresmikan pabrik Esemka yang berada di Desa Demangan, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, pada Jumat 6 September 2019. Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, turut mendampingi.

Daftar Harga Toyota Alphard Bekas Semua Generasi, Mulai Rp100 Jutaan

Pabrik mobil Esemka itu luasnya mencapai 12 hektare. Ada dua produk yang dirakit di pabrik ini dan diluncurkan ke pasar nasional. Mobil itu berbasis pikap, yakni Esemka Bima 1.2 cc dan Bima 1.3 cc.

Kalau 2016 lalu, Esemka diaungi PT Adiperkasa Citra Esemka Hero atau Aceh, tapi kini pemiliknya adalah PT Solo Manufaktur Kreasi atau SMK.  

Daftar Mobil Baru yang Cicilannya di Bawah Upah Minimum

Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi Edy Wirajaya saat peluncuran dan dalam berbagai kesempatan mengatakan, perusahaan SMK merupakan 100 persen milik nasional. Tapi dia menegaskan kalau Esemka bukanlah mobil nasional.

Lebih jelas, untuk melihat bagaimana kondisi di pabrik Esemka, lihat liputan Danita Riyadini di bawah ini.

Terpopuler: Polisi Gerebek Pameran Otomotif, Pesan Mobil Sport Listrik Rp1,1 Miliar
>
VIVA Otomotif: Booth Daihatsu di GIIAS 2023

Bukan Suku Bunga, Ini yang Jadi Perhatian Pembeli Mobil Pertama

Daihatsu mengaku optimis, kenaikan suku bunga acuan Bank Indonesia atau BI Rate tidak berdampak signifikan terhadap penjualan mereka, terutama bagi pembeli mobil pertama.

img_title
VIVA.co.id
29 April 2024