Video Pengakuan Pembakar Hutan Dibayar Pengusaha Rp600 Ribu

Kebakaran Hutan di Riau
Sumber :
  • ANTARA FOTO/FB Anggoro

VIVA – Kebakaran hutan dan lahan di sejumlah wilayah Tanah Air belum dapat dipadamkan. Kebakaran di Jambi meluas hingga memasuki kawasan hutan lindung gambut. Sementara itu, di Riau, sudah mendekati ladang minyak milik PT Pertamina.

Penanganan Karhutla di Sumsel Efektif, Jumlah Hotspot Terus Berkurang

Berdasarkan pantauan udara, asap hitam masih mengepul di kawasan Hutan Lindung Gambut Londerang, Tanjung Jabung Timur, Jambi. Pemadaman terus dilakukan baik melalui jalur darat maupun udara.

Terlihat, tiga helikopter mondar-mandir melakukan pengeboman air dari udara. Selain melakukan pemadaman, tim Satgas Karhula melakukan pendinginan di lahan yang sudah berhasil dipadamkan.

Viral Banyak Ular Gede Hangus Terbakar di Gunung Sindur Bogor

Sementara itu, kebakaran hutan di Riau sejak dua bulan terakhir terus mengalami peningkatan. Titik api di Provinsi Riau terpantau ada sebanyak 44 titik.

Saat ini, api terus meluas dan membakar hutan dan lahan perkebunan milik warga. Kebakaran mulai mendekati sumur minyak milik Pertamina di Desa Kerumutan, Kabupaten Pelalawan, Riau.

PLN IP Gerak Cepat Dukung Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan di 3 Provinsi Ini

"Dampaknya akan sangat membahayakan bila api membakar sumur minyak Pertamina ini. Kawasan ini segera mendapat prioritas utama," kata Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo.    

Sementara itu, di Kota Batam, asap pekat akibat kebakaran hutan mulai menyulitkan warga. Setiap pagi, asap pekat terlihat sejak sepekan terakhir. Gedung-gedung samar terlihat, juga di wilayah pelabuhan. Kapal-kapal hampir tidak terlihat.

Polresta Barelang Batam, meringkus tiga orang pelaku pembakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kota Batam. Para pelaku diketahui kedapatan saat hendak membakar hutan di kawasan Bukit Bismilah Galang, Hutan di Kecamatan Galang dan kawasan Sekupang Batam.

Lebih lengkap, lihat pengakuan para pelaku video di bawah ini.

>
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya