Video Jokowi Sentil Produk Impor: Masa Cangkul Masih Impor?

Presiden Joko Widodo.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Presiden Joko Widodo menyentil banyaknya produk impor yang memenuhi e-catalog pengadaan barang dan jasa pemerintah, bahkan termasuk cangkul impor. Presiden meminta Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) untuk memprioritaskan barang produksi dalam negeri ketimbang barang impor.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Kepala Negara tidak menampik bahwa produk impor memang lebih murah dan memberikan banyak keuntungan kepada para pengusaha. Tetapi produk lokal pengusaha dalam negeri maupun UMKM justru sangat diperlukan untuk menciptakan lapangan kerja.

Jokowi juga mendorong produk lokal masuk e-catalog LKPP, misalnya pengki atau barang lain buatan lokal. Pengadaan barang impor langsung dicoret karena negara masih defisit dan pemerintah yang menanggung utang.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Impor, dia mengingatkan, juga menutup ruang untuk menciptakan lapangan pekerjaan. Padahal seharusnya pengadaan barang dan jasa di dalam negeri dapat dimanfaatkan untuk membangun industri-industri kecil yang berkaitan, misal cangkul.

Simak pernyataan Presiden tentang imbauan untuk mengurangi produk impor dalam video berikut ini:

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing
>

(ase)

Calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Gibran membantah pernyataan Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto yang menyebutkan Presiden Jokowi dan dirinya sudah masuk ke Golkar

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024