Video Gunung Sampah di Muara Sungai Cisadane

Timbunan sampah di Muara Cisadane Tangerang
Sumber :

VIVA – Sampah plastik tampak sudah menggunung di Muara Cisadane, Kecamatan Teluk Naga, Tangerang, Banten. Situasi itu sudah dikeluhkan nelayan, karena setiap menebar jaring, alih-alih mendapat ikan malah tumpukan sampah yang mereka dapat. 

Pemulung Jadi Ujung Tombak Pengumpulan Sampah, IPI: Banyak yang Belum Mengapresiasi Mereka

Tumpukan sampah plastik di Muara Cisadane, tepatnya di Desa Tanjung Burung di Kecamatan Teluk Naga tampak menggunung hingga setinggi lebih dari satu meter. Hamparan sampah itu pun terlihat sepanjang 2 km. 

Sampah-sampah yang sudah menumpuk selama belasan tahun ini dapat dipijaki. Sampah plastik ini diduga terbawa aliran Sungai Cisadane saat hujan maupun banjir kiriman dan akhirnya menumpuk di pesisir Desa Tanjung Burung.

Akibat Banjir, Sampah TPA Cipayung Diduga Longsor ke Kali

Para nelayan setempat mengeluhkan kondisi ini. Tumpukan sampah sudah menghambat mata pencaharian mereka. 

Jaring mereka lebih sering mendapati sampah ketimbang ikan. Bahkan tak jarang, mesin kapal para nelayan mati setelah baling-balingnya tersangkut sampah.

Banjir Belum Surut Hingga Malam di Kawasan Tegal Alur Jakarta Barat

Kesusahan itu lah yang dialami Dedo, salah satu nelayan. "Bila ada kiriman air dari Cisadane, sampah pasti langsung menumpuk di muara, yang sudah tertutup oleh sampah," kata dia. 

Dedo mengungkapkan, kalau air lagi kering, tumpukan sampah bisa setinggi satu meter lebih. Maka, warga sekitar berharap pemerintah maupun pihak berwenang segera turun tangan mengatasi tumpukan sampah itu.   

Bagaimana parahnya tumpukan sampah itu dapat disaksikan dalam tayangan berikut ini:

 

  

  
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya