VIDEO: Cara Menangani Ular Kobra ala Panji Petualang

Pawang profesional, Panji alias Panji Petualang.
Sumber :
  • tvOne

VIVA – Jumlah laporan atau penemuan ular kobra meningkat di sejumlah kawasan di Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi dalam beberapa pekan terakhir. Sudah puluhan ekor ular kobra, kebanyakan masih anak, ditangkap oleh petugas Pemadam Kebakaran maupun pawang/ahli reptil di sejumlah kawasan di kota-kota itu.

5 Jenis Ular Kobra dengan Racun Paling Mematikan di Dunia, Salah Satunya dari Jawa

Seorang pawang profesional, Panji alias Panji Petualang, mengingatkan masyarakat untuk tidak serampangan menangani ular-ular berbisa itu, sebab sangat berbahaya. Dia menyarankan warga segera melapor kepada Dinas Pemadam Kebakaran setempat jika menemui ular kobra atau ular-ular berbisa lainnya.

Panji juga mewanti-wanti kepada aparat yang telah mengevakuasi ular-ular kobra dari permukiman warga agar tidak membunuh reptil-reptil itu. Sebab, bagaimanapun ular kobra tetap berguna, sedikitnya untuk mengendalikan populasi tikus terutama di daerah persawahan.

Ular Berbahaya Ditemukan dalam Tas Anak, Pawang: Ini Sangat Bahaya

Sang pawang berbagi pengetahuan tentang mengenali jenis-jenis ular dan cara-cara menanganinya. Pada pokoknya, katanya, ular berbisa atau tidak berbisa sesungguhnya tak dapat diidentifikasi berdasarkan ciri-ciri fisiknya. Sebagian informasi tentang ciri-ciri fisik ular berbisa atau tidak berbisa yang berkembang di masyarakat, menurutnya, mitos belaka.

Tetapi masyarakat tetap perlu mempunyai informasi dasar untuk mengenali ular berbisa atau tidak. Simak tips-tips Panjing Petualang dalam video berikut ini:

Ngeri, Kejanggalan Bermunculan Setelah Otak Atik Fosil Mengerikan Ini
Bangkai spesies yang terdampar di pantai

Monster Laut Raksasa Setinggi 82 Kaki Ditemukan di Pantai Inggris, Bisa Jadi Reptil Laut Terbesar

Para ilmuwan telah menemukan sisa-sisa monster laut raksasa berusia 200 juta tahun yang mungkin merupakan reptil laut terbesar yang pernah ditemukan.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024