VIDEO: Nadiem Makarim Mengklarifikasi Kabar Penghapusan UN

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim
Sumber :
  • VIVAnews/Agus Rahmat

VIVA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengklarifikasi kabar tentang penghapusan Ujian Nasional (UN) sebagai syarat kelulusan siswa. Menurutnya, UN tetap ada; kebijakan yang dihapuskan adalah Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).

Jokowi Bakal Siapkan Program Unggulan Prabowo-Gibran Masuk dalam RAPBN 2025

Nadiem menjelaskan, USBN yang selama ini menjadi syarat kelulusan siswa dan semula diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, diubah prosedurnya menjadi diselenggarakan sepenuhnya kepada masing-masing sekolah mulai taun 2020. Sekolahlah yang akan membuat soal dan menentukan kelulusan para siswa.

Meski demikian, kata Nadiem, USBN tetap harus merujuk pada kompetensi dasar sesuai kurikulum yang disusun pemerintah pusat. Kebijakan itu juga sesuai dengan Undang-Undang tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Petinggi PPP Minta Pimpinan Realistis Segera Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

Presiden Joko Widodo mendukung kebijakan Nadiem Makarim. Menurutnya, ujian yang menjadi syarat kelulusan siswa akan diganti dengan program assesment, yang meliputi penilaian kompetensi, literasi, dan karakter.

Simak penjelasan dan klarifikasi Nadiem Makarim dalam video berikut ini:

Jokowi: Indonesia Succeeded in Reducing Stunting Rate
Presiden Jokowi tinjau jalan rusak di Lampung naik mobil Indonesia 1

Bakal Hijrah ke IKN, Presiden Prabowo dan Wapres Gibran Pakai Mobil Dinas Listrik?

Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih periode 2024-2029, Prabowo dan Gibran bakal berdinas di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Apakah pakai mobil dinas listrik nantinya

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024