VIDEO: Ustadz Yusuf Mansur Bicara soal Dugaan Persekusi Uighur

Yusuf Mansur
Sumber :
  • dok.ist

VIVA – Penceramah Ustaz Yusuf Mansur ikut berbicara tentang dugaan persekusi terhadap warga muslim etnis Uighur di Xinjiang oleh pemerintah China, menyusul polemik publikasi media Amerika Serikat, The Wall Street Journal, yang menyebut ormas-ormas Islam di Indonesia dibungkam oleh China.

China Cegah Pengungkapan Pelanggaran HAM di Tibet dan Xinjiang oleh Media Asing?

Yusuf Mansur berterus terang belum pernah mengunjungi provinsi Xinjiang, dan karenanya, tak tahu persis situasi yang dialami etnis Uighur di sana. Namun dia beberapa kali berdatang ke China untuk mengantarkan beberapa santrinya menuntut ilmu di Negeri Tirai Bambu itu.

Yusuf Mansur mengakui keterbatasan pengetahuannya tentang Uighur. Tetapi dia menyarankan, apa pun situasi yang dialami warga Uighur, masyarakat Indonesia, terutama umat Islam, selayaknya ikut mendoakan keselamatan mereka. Begitu juga terhadap umat Islam lain di sejumlah negara seperti Yaman, Suriah, dan lain-lain.

Mengenal Xinjiang, Rumah Mayoritas Muslim di Negara China

Dia mengingatkan juga kepada masyarakat Indonesia, terutama umat Islam, agar menghentikan polemik atau bahkan memprovokasi tentang nasib muslim Uighur padahal tak tahu situasi sesungguhnya di sana. Dia mencontohkan sebagian warganet yang lebih sibuk mengecam di media sosial tetapi lupa mendoakan orang-orang Uighur.

Pejabat Tinggi Tiongkok Dorong Sinisasi Islam di Xinjiang, Kenapa?
Ilustrasi etnis Uighur kerja di pabrik.

Ritel Fashion China Hadapi Ancaman Boikot di Tengah Tuduhan Eksploitasi Warga Uighur

Organisasi Save Uyghur, yang didukung organisasi HAM 'Justice for All' yang berbasis di Chicago, telah memulai kampanye boikot terhadap toko pakaian online China, Shein.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024