VIDEO: Kemenkeu Klaim Sudah Cairkan Ratusan Miliar Rupiah untuk NU

Gedung Kementerian Keuangan.
Sumber :
  • Arrijal Rachman/VIVAnews.com

VIVA – Kementerian Keuangan mengklarifikasi pernyataan Ketua Umum NU Said Aqil Siroj yang menagih janji pemerintah untuk pengelolaan dana kredit usaha kecil senilai total Rp1,5 triliun yang belum dicairkan sepeser pun sampai sekarang.

Dorong Ekspor UMKM, Bea Cukai Jalin Kolaborasi dengan Pemerintah Daerah

Kementerian Keuangan mengklaim sudah mencairkan dana kredit untuk pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) itu meski baru sebagian, yakni Rp211 miliar, kepada lima koperasi yang berafiliasi atau diusulkan oleh NU. Penyaluran kredit itu juga meliputi pembinaan dan pelatihan di bidang perpajakan.

Sekarang, Kementerian menyatakan, memang baru Rp211 miliar, artinya, belum sepenuhnya dari total yang disepakati dalam MoU senilai Rp1,5 triliun. Penyaluran selanjutnya menunggu perkembangan dan sesuai usulan NU.

Pendeta Gilbert Olok-olok Salat dan Zakat, PBNU: Kami Umat Islam Diajarkan untuk Menahan Emosi

Said Aqil Siroj, dalam rekaman video pidatonya, menyebut Kementerian Keuangan ingkar janji atas kesepakatan dalam MoU pada Februari 2017 itu. Menurutnya, sampai sekarang belum sepeser pun dana itu dicairkan kepada lembaga-lembaga keuangan non-bank yang berafiliasi dengan NU.

Profil Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor yang Jadi Tersangka Korupsi Pemotongan Insentif
Gowes Ansor 90 Kilometer

GP Ansor Ungkap Makna Gowes 90 KM, Simbol Perjuangan Menuju Indonesia Emas 2045

Pengurus Pusat Gerakan Pemuda Ansor menggelar gowes atau bersepeda santai sepanjang 90 kilometer dari Jakarta ke Bogor, Jawa Barat pada Minggu, 21 April 2024. Kegiatan ba

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024