Video KPK Tangkap Bupati Sidoarjo Saiful Ilah

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah (tengah) berjalan saat tiba di gedung KPK, Jakarta, Rabu (8/1/2020). Bupati Sidoarjo Saiful Ilah beserta beberapa orang lainnya terjaring operasi tangkap tangan KPK yang diduga terkait pengadaan barang dan jasa.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

VIVA – Tim Komisi Pemberantasan Korupsi kembali menggelar Operasi Tangkap Tangan. Kali ini terjadi di Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur dengan menjerat Bupati Saiful Ilah.  

Terpopuler: Gempa Garut, Dewas Bongkar Perilaku Wakil Ketua KPK, Keluarga Polisi ke Jakarta

Dia termasuk tujuh orang yang terjerat OTT KPK pada Selasa sore, 7 Januari 2020. Politiku Partai Kebangkitan Bangsa itu telah tiba di Gedung KPK pada Rabu pagi pukul 9.30 WIB setelah dibawa dari Sidoarjo.

Enam orang lain yang turut ditangkap adalah Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Sidoarjo, Ari Suryono, dua orang ajudan Bupati, seorang kontraktor, dan dua perempuan yang belum diketahui identitas mereka.

Prabowo Pernah Bilang Demokrasi Sangat Melelahkan, Bamsoet Dorong Penyempurnaan UU Pemilu

Di lokasi penangkapan, tim KPK menyita uang ratusan juta rupiah. Diduga, OTT ini terkait kasus suap izin pengadaan barang dan jasa Kabupaten Sidoarjo.

Abah Ipul, sapaan akrab Saiful Ilah, merupakan kepala daerah keempat belas di Jawa Timur yang berurusan dengan Komisi Antirasuah.

Dewas KPK Ungkap Penyalahgunaan Wewenang Nurul Ghufron: Diminta Mutasi PNS Kementan ke Jawa

Saiful merupakan kepala daerah pertama di Jatim yang terjaring KPK di masa Gubernur-Wakil Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistianto Dardak. Di masa kepemimpinan Jatim sebelumnya, Gubernur Soekarwo-Wakil Gubernur Saifullah Yusuf, sebanyak tiga belas kepala daerah terjerat KPK, baik melalui OTT maupun pengembangan, dalam rentang waktu 2014-2018. Mereka semua sudah menjalani sidang di pengadilan.

Tayangan selengkapnya dapat disaksikan di bawah ini:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya