VIDEO: Gubernur Jateng Usul Keraton Agung Dijadikan BUMDes

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
Sumber :
  • VIVAnews/Dwi Royanto

VIVA – Satu kompleks bangunan yang diklaim sebagai istana Keraton Agung Sejagat di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, kini ramai didatangi warga setelah sejoli yang mengklaim raja dan ratunya, Toto Santoso dan Fanni Aminadia, ditangkap oleh polisi.

Komisi III DPR soal Desa Wadas: Ganjar Pranowo Akui Ada Kekurangan

Bupati Purworejo Agus Bastian, alih-alih merasa dirugikan oleh publikasi negatif daerahnya karena kerajaan palsu itu, malah menganggapnya bermanfaat untuk kabupatennya, sekurang-kurangnya untuk membantu pelestarian budaya dan menggairahkan wisata lokal. Di sekitar lokasi kini banyak orang berjualan aneka makanan menyusul orang-orang kian ramai datang untuk melihat istana kerajaan abal-abal itu.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sependapat dengan pernyataan Bupati, dengan catatan bahwa aktvitas komunitas Keraton itu tak melanggar hukum. Dia malah mengusulkan istana Keraton Agung Sejagat di Dusun Pogung, Desa Juru Tengah, Kecamatan Bayan, itu dijadikan badan usaha milik desa (BUMDes) yang mengelola tempat itu sebagai objek wisata.

Kapolda Jateng Tarik Pasukan dari Desa Wadas: Pengukuran Selesai

Bisa saja, kata Ganjar, istana Keraton dijadikan lokasi pertunjukan seni dan budaya dengan agenda rutin, misal, sekali dalam sebulan. Setiap orang yang datang ingin melihat atau menonton dimintai bayaran atau pajak sehingga dapat menjadi pendapatan bagi desa setempat.

PKS Desak Menteri ESDM Tak Terbitkan IUP Andesit di Desa Wadas
Presiden Jokowi Tinjau Pemanfaatan Dana Desa

Diakui, Komitmen Jokowi Bangun Indonesia dari Pinggiran dan Desa

Pembangunan Indonesia dari pinggiran terutama dari desa, sudah mulai dicanangkan Jokowi sejak 2014. Seperti memperkuat BumDes untuk perekonomian masyarakat di desa.

img_title
VIVA.co.id
12 Februari 2022