VIDEO: Bunker Diduga Peninggalan Belanda Bikin Gempar Warga Klaten

Warga menemukan sebuah bangunan rahasia bawah tanah alias bunker dan terowongan di sekitar bekas Pabrik Gula Cokro, Desa Cokro, Kecamatan Tulung, Klaten, Jawa Tengah.
Sumber :
  • tvOne

VIVA – Warga menemukan sebuah bangunan rahasia bawah tanah alias bunker dan terowongan di sekitar bekas Pabrik Gula Cokro atau De Suiker Febriek Tjokro Toelong, Desa Cokro, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Bunker tua itu diperkirakan peninggalan zaman kolonial Belanda.

Hari Ini, Tol Fungsional Jogja-Solo Bisa Dilintasi untuk Arus Balik Pemudik

Aparat TNI bersama warga bergotong royong membersihkan areal bunker serta membuka akses menuju bangunan yang diperkirakan dibangun tahun 1800-an itu. Lokasi terowongan di sebelah barat Pasar Cokro, yang diyakini sebagai tempat bekas lahan pabrik gula.

Panjang terowongan ditaksir mencapai 800 meter tetapi areal yang berhasil digali baru 100 meter. TNI dan warga juga memasang bronjong berisi batu di pinggir sungai agar tanah di sekitar bunker itu tidak runtuh.

Rahasia Perang Dunia II Terungkap! Bunker Nazi Ditemukan di Belgia

Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah sudah mengonfirmasi bangunan itu peninggalan masa kolonial Belanda dan menjadikannya sebagai cagar budaya. Namun, pemerintah setempat belum memutuskan untuk merawat bangunan tersebut agar tidak dirusak oleh warga.

Antisipasi Ledakan, Panglima TNI Sebut Amunisi Sudah Ditaruh di Bunker Bawa Tanah
>
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono

Heru Budi Mengaku Tak Tahu soal Anggaran Restorasi Rumah Dinas Capai Rp 22 M

Penjabat Gubernur DKI Jakarta angkat bicara soal anggaran restorasi rumah dinas gubernur sebesar Rp22,2 miliar. Ia mengaku tak mengetahui soal besaran anggaran restorasi.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024