VIDEO: Penemuan Dua Arca Candi Bikin Heboh Warga Sleman

Satu dari dua arca candi yang ditemukan oleh seorang warga di Desa Widodomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Sumber :
  • tvOne

VIVA – Penemuan benda-benda kuno mengejutkan warga Dusun Kalijeruk II, Desa Widodomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Benda-benda purbakala itu berupa dua arca dan bongkahan-bongkahan batu yang diperkirakan bagian dari sebuah bangunan candi.

BRIN Diminta Koordinasi dengan Kemendikbud soal Pemasangan Catra Borobudur

Satu arca itu berjenis nandi dengan bentuk menyerupai sapi, sementara arca yang lain berbentuk manusia tua memegang kendi yang disebut agastia. Benda-benda itu ditemukan oleh seorang warga saat dia membuat galian untuk pengolahan kotoran sapi menggunakan alat berat.

Arca nandi dan agastia terkubur di bawah permukaan tanah sedalam empat meter. Namun beberapa bagiannya rusak akibat terbentur alat berat ketika proses penggalian.

Penemuan Fosil Purbakala Utuh Gegerkan Kudus Jawa Tengah

Balai Peletarian Cagar Budaya Yogyakarta memperkirakan arca-arca itu berasal dari masa kerajaan Mataram Hindu pada abad kesembilan Masehi. Tim arkeolog menengarai ada sebuah candi yang terpendam di bawah areal itu. Namun, ukurannya diperkirakan kecil, meski kemungkinan ada candi lain yang lebih besar di lokasi lain.

Gak Cuma Dieng, Semarang Juga Punya Negeri di Atas Awan Tak Kalah Eksotis
>
Puncak candi Borobudur.

Chattra Penting Dipasang karena Dinilai Sebagai Salah Satu Ikon Candi Borobudur

Chattra bermakna payung atau pelindung yang dinilai sebagai mahkota sehingga dipasang di puncak stupa Candi Borobudur.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2024