VIDEO: Gus Sholah Ternyata Mengidolakan Elvis Presley saat Remaja

Ulama Salahuddin Wahid yang akrab disapa Gus Sholah.
Sumber :
  • VIVAnews/ Syaefullah

VIVA – Pemimpin Pesantren Tebu Ireng, Salahuddin Wahid atau Gus Sholah, meninggal dunia di Rumah Sakit Harapan Kita, Minggu malam, 2 Februari 2020. Rombongan pengantar jenazah Gus Sholah bertolak dari Bandara Halim Perdanakuma sekitar pukul 10.00 WIB, Senin, 3 Februari. Jenazah dimakamkan di kompleks Pesantren Tebu Ireng pada pukul 16.00 WIB.

Catatan Perjalanan Gus Sholah Saat Kunjungi Hadramaut Yaman

Ribuan warga dan santri melaksanakan salat jenazah untuk Gus Sholah di masjid kompleks Pondok Pesantren Tebu pada Senin siang, 3 Februari 2020. Beberapa tokoh agama dan figur publik terlihat hadir di lokasi. Di antaranya ulama sekaligus penyair, Mustofa Bisri alias Gus Mus dan mantan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Gus Sholah yang lahir di Jombang pada 11 September 1942 memang dikenal sebagai aktivis, politikus, dan tokoh yang giat memperjuangkan tegaknya hak asasi manusia (HAM). Dia pernah menjabat Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Umat pada 1998-1999, menjadi calon wakil presiden untuk calon presiden Wiranto pada pemilu 2004.

Meme Gus Sholah Ternyata Gak Nyangka Cuitannya Penuh Logika dan Tawa

Pada 13 April 2006, Gus Sholah resmi menjadi pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, menggantikan pamannya, Muhammad Yusuf Hasyim.

Di luar kiprahnya sebagai politikus, aktivis, maupun ulama, Gus Sholah menyukai musik. Semasa remaja, dia menggemari penyanyi rock and roll kenamaan, Elvis Presley. Ketika dihadirkan dalam sebuah program bincang-bincang, Gus Sholah diminta untuk menyanyikan sebait lirik lagu Elvis.

Keranda Gus Sholah Tersendat hingga Satu PSK Rawa Bebek Layani 7 Pria
Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak saat menghadiri 1.000 hari wafatnya Sholahudin Wahid (Gus Sholah) yang merupakan pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang, di Jombang, Jawa Timur.

Emil Dardak kenang sosok Gus Sholah, Pernah Diwanti-wanti soal Jaga Amanat Rakyat

Emil Elestianto Dardak mengenang sosok almarhum Sholahudin Wahid (Gus Sholah) dan meyakinkan bahwa legacy atau warisan sang kiai adik Gus Dur itu akan terus dilanjutkan.

img_title
VIVA.co.id
31 Oktober 2022