VIDEO: Komplotan Penipu Jual-Beli Rumah Ditangkap, Modusnya Canggih

Polisi bongkar sindikat mafia tanah dan jual beli rumah mewah di Jakarta
Sumber :
  • Foe Peace/VIVAnews

VIVA – Kepolisian Daerah Metro Jaya menangkap tujuh orang komplotan mafia tanah dengan modus pemalsuan sertifikat dan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Seorang korban tertipu dan merugi hingga Rp70 miliar karena sertifikat rumahnya digadaikan oleh para tersangka.

27 Korban Penipuan Investasi Rp52 Miliar Geruduk Rumah Orang Tua Pelaku di Tasikmalaya

Kasus itu terungkap berawal dari laporan seorang korban bernama Indra Hosein pada akhir 2019. Indra mau menjual rumahnya di kawasan Jakarta Selatan kepada tersangka bernama Diah senilai Rp70 miliar. Lantas, korban diajak mengecek keaslian sertifikat rumahnya ke kantor notaris palsu bernama kantor Notaris Idham.

Indra mengutus rekannya, Lutfi, untuk datang ke kantor Notaris Idham. Kemudian Diah menyuruh tersangka Dedi menggantikannya menemani datang ke Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jakarta Selatan. Tapi, dengan sedikit tipu daya, sertifikat asli rumah ditukar oleh Dedi tanpa sepengetahuan Lutfi.

Waspada Penipuan Kerja Paruh Waktu yang Marak di Shopee

Di kantor notaris Idham itu, korban memberikan salinan atau fotokopi sertifikat untuk dicek di kantor BPN Jakarta Selatan. Sertifikat yang asli disimpan oleh tersangka Dedi, sementara sertifikat yang palsu diserahkan kepada Lutfi. (ase)

Peringatan Penting, Hati-Hati dengan Penawaran Haji Tidak Resmi di Media Sosial
>
Wanita Korea mengaku kena penipuan yang menyeret nama Elon Musk.

Viral Wanita Ini Ngaku Ditipu Elon Musk, Uang Rp800 Miliar Melayang

Seorang wanita Korea mengalami kerugian besar $50 ribu atau sekitar Rp810 miliar setelah tertipu oleh penipuan yang melibatkan akun palsu mengaku sebagai Elon Musk.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024