Aksi Sosial PMII UI untuk Suku Asmat Papua

Aksi Sosial PMII UI
Aksi Sosial PMII UI
Sumber :

VIVA – Sabtu, 3 Februari 2018, Pergerakan Mahasiswa Islam indonesia atau PMII Universitas Indonesia melaksanakan aksi sosial penggalangan donasi untuk gizi buruk suku Asmat. Penggalangan donasi ini dilaksanakan di Balairung UI, bersamaan dengan acara wisuda Universitas Indonesia. Tujuan penggalangan donasi ini ialah untuk membantu meringankan beban penderitaan suku Asmat di Papua yang mengalami gizi buruk.
 
Dalam aksi sosial ini, PMII UI juga menggalang dukungan untuk gizi buruk melalui tandatangan dan penulisan harapan para pengunjung wisuda UI. Para pengunjung ramai-ramai menuliskan harapan dan membubuhkan tandatangannya di kain kuning yang tersedia.
 
Masalah gizi buruk yang tak kunjung usai disikapi PMII UI dengan turun langsung melakukan penggalangan donasi. Hal ini merupakan bentuk kepedulian kongkrit PMII UI atas masalah gizi buruk yang terjadi di Papua. Rencananya, donasi ini akan disalurkan melalui Lembaga Amil Zakat Nahdlatul Ulama (LAZISNU).
 
PMII UI menegaskan bahwa sebagai organ gerakan dan agen perubahan, sudah seyogyanya mahasiswa memberikan aksi nyata dan tidak hanya berorasi menuntut pemerintah. Hal ini juga merupakan kritik PMII UI kepada gerakan mahasiswa yang hanya gencar menuntut. Sangat penting adanya transformasi gerakan mahasiswa yang mengedepankan manfaat secara langsung ke masyarakat, tidak lagi hanya beretorika belaka.
 
Selain itu, PMII UI juga mendorong pemerintah untuk terus merealisasikan program-program yang berorientasi pada pengentasan kemiskinan. Aksi ini juga merupakan bentuk kritik cerdas PMII UI kepada pemerintah.
 
Sebelumnya, PMII UI telah mengadakan Focus Group discussion (FGD) dengan Ikatan Mahasiswa Papua Universitas Indonesia (IMAPA UI) pada 25 Desember 2017 terkait masalah-masalah yang terjadi di Papua. PMII UI sangat concern untuk turun langsung membantu saudara-saudara di Papua.  

Sesuai dengan visi membela kaum mustadz’afin (masyarakat yang lemah), PMII UI terlibat secara aktif dalam isu-isu sosial yang terjadi. Beberapa aksi sosial PMII di UI antara lain penggalangan donasi untuk Palestina dan bantuan korban bencana alam ke berbagai daerah di Indonesia. (Tulisan ini dikirim oleh Ahmad Luthfi, Ketua PMII Universitas Indonesia)