VIVA – Campaign.com sebuah usaha sosial berbasis teknologi menggunakan Unite #ForChange sebagai tema tahun ini. Tujuannya untuk membangun komunitas inti yang kuat dari para Changemakers (sebutan untuk para pembuat perubahan) yang ada melalui serangkaian kegiatan, pelatihan, dan acara kolaborasi. Harapannya agar membawa dampak yang lebih besar dan berkelanjutan untuk menuntaskan beragam permasalahan sosial di Indonesia.
Dalam laporan tahunan pertamanya, Campaign.com menyebut sebanyak 61 persen Changemakers yang aktif bersama kegiatan Campaign.com fokus bergerak pada isu pendidikan. Selanjutnya, sebanyak 26 persen terlibat langsung pada permasalahan perubahan iklim, dan sisanya terlibat pada isu perubahan sosial lain seperti pemenuhan hak anak dan kesetaraan gender.
“Kami bersyukur mayoritas Changemakers sangat peduli dengan isu-isu sosial seperti pendidikan dan perubahan iklim. Mengingat banyak isu sosial lainnya di Indonesia, kami berharap mereka juga dapat bekerja pada isu-isu sosial yang kurang terkenal seperti kesetaraan gender. Campaign.com akan terus membantu mereka melalui platform dan jaringan kami yang luas,” ujar Benjamin Xue, Chief Engagement Officer Campaign.com.
Melihat jumlah Changemakers dan gerakan sosial yang terus tumbuh di Indonesia, Campaign.com menemukan fakta bahwa banyak individu, organisasi, komunitas, dan kegiatan-kegiatan sosial bekerja sendirian tanpa bantuan orang lain ataupun berkolaborasi.
“Ini menjadi sebuah masalah, mengingat banyak dari mereka akan menyelesaikan persoalan yang sama meskipun dengan strategi yang berbeda. Tentu akan memberi dampak yang lebih besar jika sudah melakukan kolaborasi sejak awal,” tambah William Gondokusumo, CEO Campaign.com.
Unite #ForChange tidak hanya akan bermanfaat pada perusahaan besar, organisasi, komunitas, tapi juga untuk Changemakers perorangan yang baru memulai gerakan sosial yang memiliki sedikit jaringan dan bantuan. Kita bisa mencapai hal yang lebih besar dengan bekerja sama.
Kegiatan di Unite #ForChange termasuk workshop bertujuan untuk melahirkan generasi Indonesia selanjutnya melalui sesi diskusi, sesi panel, acara-acara kolaborasi dengan beragam stakeholder lainnya. Penyebaran informasi melalui media sosial dan aplikasi Campaign.com di IOS dan Android akan sangat bermanfaat yang digunakan untuk mempertahankan dan memperkuat komunitas ini.
"Ini adalah berita baik untuk kami,” seru Sortalia dari Taman Baca Inovator. “Kami tidak sabar menanti. Kami memahami betapa pentingnya kekuatan kolaborasi yang akan berdampak besar untuk berbagai kampanye sosial yang sedang berlangsung dan yang akan datang, daripada bekerja sendirian,” tambahnya.
Campaign.com berdiri di Indonesia secara khusus untuk membantu para pembuat perubahan di seluruh dunia, memberdayakan mereka untuk dapat lebih mengatur kampanye. Campaign.com menjadi salah satu dari beberapa startups di Indonesia dengan misi sosial yang mendalam.
Sejak tahun 2015 sudah ada pembuat 31.000 perubahan yang bergabung dengan kami. Menyadari lebih dari 300 kampanye sosial dan memberdayakan lebih dari 200 generasi berikutnya dari pembuat perubahan di Indonesia. Mari kita berkolaborasi! (Tulisan ini dikirim oleh Fara, Media Officer Campaign.com)
Sumber :
VIVA.co.id
26 Februari 2018
Baca Juga :
Komentar
Topik Terkait
Jangan Lewatkan
Terpopuler
Selengkapnya
Partner
Perempat Final! Shin Tae-yong Masih Belum Move on dari Kekalahan Timnas Indonesia U-23 Lawan Qatar
Gorontalo
4 menit lalu
Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong belum juga melupakan kekalahan timnya saat bersua Qatar di laga perdana Grup A meski sudah lolos perempat final.
Khofifah Dianugerahi Satylancana Karya Bhakti Praja Nugraha, Satu-satunya untuk Gubernur
Jatim
5 menit lalu
Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa menerima anugerah Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha dari Presiden Jokowi di Hari Otoda ke 28.
Daftar Polisi Bintara 2024 Sekarang Juga, Ini Syarat dan Cara Daftarnya: Dijamin Lulus!
Bandung
6 menit lalu
Peserta dapat melakukan pendaftaran Polri secara online melalui situs web penerimaan.polri.go.id; prosedur pendaftaran dibahas dalam artikel ini. Mereka yang ingin menda
Ini Jadwal Konser Sheila On 7 di Lima Kota Besar, Perhatikan Cara Beli Tiketnya!
Wisata
7 menit lalu
Sheila On 7 akan menggelar konser tunggal bertajuk “Tunggu Aku Di” di lima kota besar di Indonesia. Karena kota-kota tersebut belum pernah dikunjungi konser Sheila On 7.
Selengkapnya
Isu Terkini