Pameran Foto Karya 10 Fotografer Perempuan

Komunitas Fotografi Lengkong Besar
Sumber :
  • VIVAnews/Hendrawan

VIVAnews - Mereka, 10 mahasiswi anggota Fikom Photography Club Universitas Mercu Buana. Dengan arahan fotografer senior Don Hasman yang telah menjadi "warga khusus" masyarakat Baduy, mereka merancang liputan kelompok yang menitik beratkan perhatian pada keberadaan kaum perempuan di wilayah provinsi Banten itu. 

Kawasan cagar budaya Baduy merupakan salah satu dari rangkaian manikam yang memperkaya keberadaan Republik kita yang belakangan memudar kebhinekaannya.

Di mata para fotografer muda ini, Felicia Putri Wacana Mahakita, Anggie  Anggraini Agung, Vidya Anggraeni Zulkarnaen, Widha Hanindieta, Pelangi Putriasti, Anngit Nur Wachidah, Vindy Febriani, Nindy Minarti, Brina Kalis Duandri dan Novita Esmeralda, kisah tentang mereka tertuangkan seperti tajuk pameran foto yang mereka pilih "Ketika Perempuan Bercerita".

Sebentuk kisah visual yang sekaligus menandai kepedulian mereka sebagai bagian dari generasi muda Indonesia kepada kebajikan, nilai luhur, komitmen bermasyarakat dari sisi kemanusiaan masyarakat Baduy khususnya pada komitmen mereka terhadap alam dan lingkungan dimana mereka tinggal.

Dalam kebersahajaan karya-karya mereka, kita menangkap kesan kuat pada empati mereka perihal keberagaman budaya yang melahirkan Indonesia. Nusantara yang beragam, yang seharusnya terus lestari sebagaimana juga keberadaan masyarakat tradisional Baduy yang mereka kenal dan abadikan. 

Pada mata mereka kita berhutang, untuk menyimak karya mereka sebagai cermin Indonesia terkini. Sebentuk pameran untuk bhineka Indonesia yang lebih terbuka, menghargai perbedaan dan demokratis dalam wujud yang sesungguhnya.

Remaja yang Tewas di Hotel Jaksel Ternyata Sempat Kejang usai Dicekoki Narkoba
Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Indonesia

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

Momen Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY) menghampiri, menyalami dan memeluk satu persatu pemain Korea Selatan (Korsel) viral di media sosial Jumat, 26 April 24

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024