Berbagi Jendela Ilmu di Maulid Nabi

Siswa TK Menyerahkan Buku
Sumber :
  • U-Report

VIVAnews - Peringatan kelahiran Nabi Muhammad atau Maulid Nabi dirayakan banyak sekolah di Surabaya. Beragam kegiatan yang dilakukan, membagikan kurma, longmarch, hingga membagikan bunga.

Sejumlah murid Kelompok Belajar Taman Kanak-kanak  Yaa Bunayya Kejawan Putih Tambak juga merayakannya. Kegiatan yang mereka lakukan yaitu berbagi buku dengan TK di sekitarnya. Ya, murid-murid itu mewakafkan buku ke TK Bina Anaprasa Al Amin, Sabtu, 19 Februari 2011.

Mereka menyerahkan 100 buah buku berbagai judul yang tentunya bercirikan cerita Islami, serta berbagai parsel media permainan sentra dan edukatif. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari acara pentas kelas, wakaf buku, dan puncaknya kegiatan bakti sosial ke TK Biba Anaprasa Al-Amin, dengan mengusung tema "Nabi Muhammad Teladanku". Bagi siswa yang menyerahkan buku mendapat pin beruliskan 'Aku Cinta Buku'.

Para siswa menyerahkan sendiri buku itu kepada siswa Bina Anaprasa. Mereka tampak malu-malu, ada juga yang tangkas tampak percaya diri. Hal ini untuk memberikan proses edukasi berani dan tampil percaya diri, serta menumbuhkan jiwa sosial dan kepedulian anak terhadap sesama.

Menurut Ketua Panitia Ermira Happy, buku lebih bermanfaat bagi kita, terutama anak-anak yang seyogyanya diperkenalkan sedari kecil. Selain buku sebagai jembatan ilmu bagi siswa, menurutnya, melalui buku anak dikenalkan etika dan moral dalam hidup bermasyarakat tanpa harus mendikte.

Sosok Matias Gobay, Dalang OPM atas Penembakan Keji Danramil Aradide

Tujuan lainnya, tambah Mira, mengenalkan anak bagaimana cara berbagi yang benar seperti yang dicontohkan nabi kita yang sunnahnya diserahkan langsung kepada yang membutuhkan.
 
Jika banyak sekolah yang merayakan di tempat ramai dan di tengah kota, KB TK Yaa Bunayya mengadakan kegiatan di kawasan pinggir kota. Mira menjelaskan TK Bina Anaprasa Al-Amin menjadi tujuan kunjungan karena banyak dari wali muridn berasal dari kalangan bawah yang kebanyakan profesinya sebagai tukang sampah, tukang cuci, PRT, dan setarafnya. "Jadi ini bisa menjadi pelajaran bagi anak didik untuk belajar meneladani ajaran nabi, yaitu berbagi," jelasnya.

Kepala TK Bina Anaprasa Al-Amin, ibu Khodijah, berterimakasih atas bantuannya. Bantuan ini akan sangat bermanfaat bagi perkembangan siswa Bina Anaprasa. Ia mendoakan agar kegiatan mulia tidak hanya berlangsung pada momen maulid saja, tapi bisa di hari lain.

ilustrasi kelopak mata

7 Warna Bola Mata Paling Langka di Dunia, Hanya 2 Persen Populasi yang Punya

Mata salah satu indera manusia yang memiliki fungsi penglihatan. Mata digunakan sebagai melihat objek yang jauh maupun yang dekat

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024