Musim si Ayam Flu Lagi

Pemusnahan Wabah Flu Burung
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Sedikitnya 80 unggas ditemukan positif flu burung sejak Februari hingga 18 Maret. Tiap ternak yang dilaporkan dan ditemukan mati, dilakukan rapid test flu burung.

Elite PAN soal PKB-Nasdem Gabung Prabowo: Ini Masih Perubahan atau Keberlanjutan? 

“Kami sudah mengeluarkan pengumuman siaga dan kewaspadaan penuh karena musim flu burung kembali menjangkiti unggas seperti terjadi di sejumlah daerah di Indonesia,” ujar Kepala Dinas Peternakan Bali I Putu Sumantra, Selasa lalu di Denpasar. Sejumlah desa dan kecamatan ditemukannya unggas positif flu burung adalah Sobangan-Badung, Peguyangan Selatan-Denpasar, Penebel dan Marga-Tabanan, dan Kapal.

Satuan tugas waspada flu burung yang sudah ada melakukan focal culling pada puluhan hewan yang unggas lain yang kontak langsung dengan terinfeksi flu burung. “Jumlah yang diamankan masih skala kecil. Semoga tak menyebar,” ujar Sumantra.

Petugas kandang, pedagang ayam, dan pihak lain yang kontak langsung dengan unggas menurutnya sudah sigap dengan tata cara pencegahan flu burung. Misalnya meninggatkan bio security dan sigap mengontak petugas kesehatan hewan untuk rapid test.

Sementara di RS Sanglah Denpasar, tim penanggulangan flu burung juga telah melakukan siaga dan persiapan ruangan jika ada warga yang mengalami gejala. “Belum ada satu pun warga yang terdampak flu burung di Bali, tapi kami sudah melakukan early warning tim medis,” kata dr Ken Wirasandhi.

Dua rumahs akit yang terlatih dan punya ruangan khusus adalah RS Sanglah Denpasar dan RSUD Tabanan. Kedua rumah sakit ini sebelumnya pernah menangani suspect flu burung pada 2007 lalu. Sedikitnya 30 orang pasien suspect flu burung dan dua meninggal dunia.

logo balebengong

Top Trending: Habib Bahar Akui Kemenangan Prabowo Gibran hingga Seorang Ulama Kritik Nabi Muhammad
Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali

Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional

Berita tentang nasib dua debt collector yang hendak mengambil paksa mobil Aiptu Fandri di parkiran salah satu pusat perbelanjaan di Kota Palembang jadi yang terpopuler.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024