Upaya Menyelamatkan Pusat Sastra Indonesia

Pusat Dokumentasi Sastra H.B Jassin
Sumber :

VIVAnews - Pusat Dokumentasi Sastra H.B Jassin, Jakarta, terancam ditutup akibat krisis biaya operasional dan penciutan dana bantuan dari pemerintah. Para pegiat sastra dan masyarakat di daerah-daerah turut berpartisipasi untuk menyelamatkan pusat dokumentasi sastra terbesar di Indonesia bahkan salah satunya di Asia Tenggara tersebut. 

Tidak tanggung lagi sastrawan dunia asal Indonesia, Leonowens SP, akan mendonasi seluruh keuntungan dari layanan SMS Premium beliau untuk membantu Pusat Dokumentasi Sastra H.B Jassin. Para artis dan seniman lain turut berpartisipasi dalam kegiatan penggalangan dana 'Koin Peduli PDS H.B Jassin' di Jakarta dan beberapa kota besar Indonesia.

"Sastra merupakan salah satu identitas bangsa kita. Sebelum negara Indonesia terwujud, sastra dan sastrawannya telah mengambil porsi penting dalam kemajuan berpikir masyarakat di waktu lampau sampai sekarang ini," jelas Leonowens SP saat wawancara jarak jauh melalui telepon genggam (28/3). "Bahkan sastra adalah suatu barometer kemajuan budaya dan peradaban Indonesia," tandasnya lagi.

Sebagai catatan, Indonesia banyak melahirkan sederet sastrawan ternama dengan karya-karya yang mendapat perhatian dan penghargaan luar negeri, antara lain: Amir Hamzah, Pramoedya Ananta Toer, Taufik Ismail, WS. Rendra, Sitor Situmorang, Hamsad Rangkuti, Putu Wijaya, Goenawan Mohammad, Radhar Panca Dahana, serta Leonowens SP.

Lebih jauh Leonowens SP mengatakan, "seharusnya pemerintah di negara ini fokus perhatiannya kepada seluruh sastrawan dan aset-aset sastra yang ada. Karena ini merupakan sumber daya dan harta kekayaan Indonesia." Lanjut beliau, "Pemerintah harus memiliki rencana jangka panjang untuk memajukan dunia sastra Indonesia," ujar penulis 50 buku sastra yang banyak digandrungi para fans wanita tersebut.

Krisis biaya operasional yang terjadi di PDS H.B Jassin merupakan pelajaran berharga yang dapat dipetik, bahwa peduli pada kekayaan literasi Indonesia sama dengan peduli atas masa depan bangsa. Ketika ditanya akan keterlibatan para sahabat Leonowens SP lainnya yang bergerak di dunia perfilman dan musik, sastrawan dunia tersebut berujar, "saya pasti mengontak mereka satu persatu agar turut serta dalam gerakan kepedulian ini."

Arus Mudik di Aceh Diprediksi Meningkat 9 Persen pada 2024
Gedung BNI.

BNI Bakal Terbitkan Global Bond US$500 Juta, Jadi Incaran Investor Asing

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BBNI akan menerbitkan surat utang senior dalam denominasi dolar Amerika Serikat atau global bond.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024