Tarian Caci, Memukau Warga Yogyakarta

Tarian Caci dari daerah Manggarai NTT
Sumber :
  • Yovi

VIVAnews - Dalam rangka memeriahkan HUT Kota Yogyakarta ke-254, Ikatan Keluarga Besar Manggarai Timur Seluruh Yogyakarta menyelenggarakan pementasan tari ketangkasan dari daerah Manggarai NTT. Acara ini berlangsung pada hari minggu 16 Oktober 2011.

Pementasan ini juga dihadiri oleh Wakil Walikota Yogyakarta Hariyadi Suyuti, yang hadir sebagai tamu kehormatan dan berkesempatan melakukan cambukan perdana.

Acara ini diselenggarakan sebagai ajang merestorasi semangat melestarikan budaya daerah sebagai identitas bangsa, khususnya di antara generasi muda.

Tarian caci adalah tarian perang dan sampai sekarang masih dipertahankan oleh para kaum muda Manggarai. Caci mengandung makna kepahlawanan dan keperkasaan. Dalam caci, keperkasaan tidak harus dilakoni lewat kekerasan namun juga lewat kelembutan yang ditunjukkan dalam gerakan-gerakan yang bernuansa seni.

Pagi Ini, KPU Tetapkan Prabowo-Gibran sebagai Presiden dan Wapres Terpilih

Tarian ini berhasil memukau ratusan penonton yang datang sejak siang hingga sore hari.

Selain menampilkan para ksatria caci, acara yang berlangsung selama enam jam ini juga menampilkan sejumlah tarian tradisional yang dibawakan dengan sangat mengesankan oleh gadis-gadis Manggarai dari kelompok mahasiswa. (eh)

Presiden Iran, Ebrahim Raisi (tengah).

Masih Hangat, Presiden Iran Bujuk Pakistan Gabung Aliansi Anti-Israel

Presiden Iran, Ebrahim Raisi, tiba di Islamabad pada hari Senin, 22 April 2024 untuk kunjungan resmi selama tiga hari. Iran dan Pakistan sedang berupaya baiki hubungan

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024