Pameran Mengenai Bencana di IDEC 2011

Pameran IDEC 2011
Sumber :
  • http://festivalindonesia.wordpress.com

VIVAnews - Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat  dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana bekerja sama dengan PT Kerabat Dyan Utama menggelar Pameran Indonesia Disaster Preparedness, Response, Recovery Expo and Conference (IDEC) pada tanggal 27-30 Oktober 2011, di JIExpo Kemayoran Jakarta.

IDEC merupakan bagian dari rangkaian kegiatan yang mendukung kesiapsiagaan nasional dalam pengurangan resiko bencana, tema acara ini adalah ”Kesiapsiagaan dan Pengurangan Resiko Bencana (Disaster Preparedness and Disaster Risk Reduction)”.

Kegiatan ini untuk memberikan informasi penting mengenai pemahaman bencana, seperti apa yang dilakukan saat terjadi bencana, tindakan untuk bertahan pasca bencana, usaha mengurangi korban dan kerugian bencana, pendeteksian potensi bencana, penyelamatan korban bencana, pengembalian daerah bencana ke kondisi semula dan penggunaan sumber daya yang lebih efisien dan efektif.

Pada acara ini terdapat banyak kegiatan talkshow, seperti Simulasi Bencana, Peta Rawan Bencana Aceh, Fire Protection, Collection Disaster Information, Monitoring System dan Security Inspection and Detection System.

Selain itu ada banyak juga kegiatan konversi dan workshop internasional, seperti International Workshop Project Multi-Disciplinary Hazard Reduction from Earthquakes and Volcanoes in Indonesia, Disaster Management and Climate Change Conference, Internation Workshop on Disaster Risk Management serta Workshop Integrasi Adaptasi Perubahan Iklim dan Strategi Penanggulangan Bencana.

Peserta konverensi dan workshop ialah para pakar dan juga pemerhati bencana baik itu dari dalam dan luar negeri.

Prada Ardiansyah, Prajurit TNI yang Tersambar Petir Meninggal Dunia

Pameran IDEC ini diikuti oleh lebih dari 100 peserta yang terdiri dari instansi pemerintah, lembaga dan juga pelaku industri produk-produk kebencanaan dari dalam dan luar negeri.

Melalui Pameran IDEC ini diharapkan seluruh stake holder yang berkaitan dengan kebencanaan, turut berpartisipasi dalam meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam penanggulangan bencana.

Heboh Wali Nagari di Sumbar Digerebek Warga Mesum dengan Sesama Jenis, Kantor Disegel
Angin puting beliung terpantau di perairan Bangkalan, Madura

Ngeri! Penampakan Angin Puting Beliung 'Hadang' Nelayan di Perairan Madura

Angin puting beliung terpantau berputar hebat dan menerjang perairan selat Madura, tepatnya di wilayah pesisir barat Kabupaten Bangkalan, Madura, pada Rabu

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024