200 Lebih Mahasiswa Ikuti Simulasi Sidang PBB Terbesar di Indonesia

200 Lebih Mahasiswa Ikuti Simulasi Sidang PBB Terbesar di Indonesia
Sumber :

VIVAnews - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia kembali menyelenggarakan “Indonesia MUN 2012”, simulasi sidang PBB ( United Nations) terbesar di Indonesia  untuk ketiga kalinya.

Terima Kunjungan LBBP Jepang, Menaker Berharap Kerja Sama Ketenagakerjaan Indonesia-Jepang Meningkat

Acara yang diselenggarakan pada 3 hingga 5 Oktober 2012 di Universitas Indonesia, Depok, ini mengangkat tema ‘Fostering People Securing Nations’. Diharapkan dengan tema ini, 240 mahasiswa Indonesia mempertanyakan kembali kemampuan demokrasi menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat dunia. 

Meskipun  prinsip-prinsipnya  telah secara bertahap diterima oleh sebagian  besar  negara  di seluruh  dunia,  demokrasi  masih  menyisakan  berbagai  isu  pelik  seperti  politik  uang,  konglomerasi  media  sebagai  bagian  dari  media  kampanye  salah  satu  kandidat  dan  masih  banyak  lagi.  Oleh  karena  itu,  dalam  enam  komite  yang  beragam,  IMUN  2012  membawa  240  delegasi  kembali  ke  dunia  sebelum  dan sesudah demokrasi untuk mencari solusinya. 

Dalam Perjanjian Perdamaian Westphalia, para delegasi akan kembali ke tahun 1648 ketika kerajaan  pada  saat  itu  membuat  sebuah  konferensi  yang  berhubungan  dengan  kebutuhan  kedaulatan  untuk  masing-masing negara. Sementara itu, Dewan Ekonomi  dan Sosial PBB, Uni Eropa, ASEAN Regional  Forum, dan Majelis Tahunan UEFA akan berbicara tentang krisis  yang  terjadi  di  dunia saat  ini  dan  membahas serta mencari solusi untuk krisis di wilayah tersebut. Terakhir, Dewan Keamanan PBB di  tahun 2017 akan membahas tentang Rezim Kim Jong Un, terutama mengenai Ancaman Nuklir Korea  Utara di masa depan.

Ketua Panitia Indonesia Model United Nations 2012, Gadis, mengatakan, “Kami ingin menunjukkaan  bahwa  Model  United  Nations  bukanlah  acara  yang  terbatas  untuk  mahasiswa  Fakultas  Ilmu  Sosial  dan  Ilmu  Politik,  khususnya  Jurusan  Hubungan  Internasional."

Skenario Tante Bunuh Keponakan di Tangerang, Ambil Perhiasan Korban Biar Dikira Kasus Pencurian

Model  United  Nations  merupakan  kegiatan  yang  terbuka  untuk  semua  orang, oleh  karena  itu  ditawarkan  sederet  komite  yang  sekiranya dapat memenuhi ketertarikan para delegasi. 

Gadis berpendapat pentingnya peranan mahasiswa dalam meningkatkan kemampuan diplomasi agar  bisa bersaing dengan mahasiswa dari berbagai belahan dunia adalah alasan mengapa Indonesia Model United Nations  menjadi sangat  penting.  Hal  ini  tentu  terkait  juga  dengan  visi  Universitas  Indonesia  untuk menjadi  World Class University, yang   tentunya   juga   harus   didukung   oleh   segenap Civitas  Academica Universitas Indonesia.

Gadis juga menyatakan, seiring dengan waktu ada banyak Model United Nation yang diselenggarakan oleh berbagai komunitas mahasiswa yang memiliki ketertarikan di bidang  diplomasi. Namun, Indonesia MUN tetap memiliki keunikan keunggulan tersendiri, “Berbeda dengan Model United Nations lainnya, Indonesia MUN merupakan pelopor Model United Nations di Indonesia, kami bangga hingga kini tetap menjadi  MUN terbesar di Indonesia dengan peserta yang  beragam dari dalam dan luar negeri.” 

Indonesia Model United Nations (IMUN) 201 Indonesia  Model  United  Nations  (IMUN)  adalah  konferensi  simulasi  sidang  umum  PBB  pertama  di  Indonesia,  yang  mengumpulkan  ratusan  mahasiswa  berbakat  dari  universitas  terbaik  di  seluruh  negeri  untuk  berpartisipasi  dalam simulasi  sidang  umum  PBB. 

Dalam  konferensi  tersebut,  delegasi  yang  berpartisipasi  akan  mewakili  bangsa  sebagai  bagian  dari  badan  multilateral  PBB  dan  terlibat  dalam  perdebatan  tentang  berbagai  isu  internasional  yang  dihadapi  oleh  masyarakat  global  dan  akhirnya mencapai resolusi bersama. 

Bintang Emon dan Istri, Alca Octaviani

Gak Nyangka, Istri Bintang Emon Dinyatakan Positif Narkoba

Kabar ini lantas membuat Bintang Emon keheranan karena sang istri belum lama ini mendapatkan rekomendasi obat dari seorang apoteker.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024