Hari Raya Idul Fitri di Korea Selatan

Ilustrasi ketupat
Ilustrasi ketupat
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Merayakan hari raya Idul Fitri tak sekadar spesial bagi umat Islam tetapi juga menjadi momen dan hari yang terasa sangat sakral untuk dirayakan. Pada hari ini rasa syukur berlipat ganda karena dengan izin Allah SWT kita mampu menjalankan kewajiban selama sebulan penuh di bulan Ramadhan. Dengan segala aktivitas ibadah yang telah dilakukan, limpahan ampunan yang diberikan olehAllah SWT serta pelatihan diri dalam mengelola hawa nafsu sepanjang bulan Ramadhan kita seperti terlahir kembali dalam keadaan suci. 


Rasa syukur ini tak terkecuali dirasakan juga oleh umat muslim Indonesia yang sekarang berada di Korea Selatan (Korsel). Rasa syukur itu terwujud dalam bentuk ibadah-ibadah yang sunnah maupun wajib dijalankan selama hari raya Idul Fitri seperti salat Id secara berjamaah dan penunaian zakat fitrah. Salat sunnah Id secara berjamaah di Korsel dilakukan baik di dalam masjid maupun di lapangan terbuka. 

Hal yang sangat mencolok dan menjadi perhatian adalah ketika salat dilakukan di lapangan terbuka. Tak jarang warga non-muslim Korsel yang sedang berlalu lalang melewati arena lapangan yang digunakan untuk salat, terkagum melihat jumlah jamaah salat Id yang begitu banyak. Mereka sangat antusias dan memperhatikan dengan seksama ribuan jamaah yang sedang mendengarkan khutbah salat Id dan melaksanakan salat secara khusuk.