Ratusan Diaspora Indonesia Hadiri Upacara HUT RI di Noumea

Suasana pengibaran bendera di KJRI Noumea.
Sumber :
VIVA.co.id
Cinta Tanah Air, Diaspora Indonesia di Houston Galang Dana
- Meskipun jatuh pada hari kerja, ratusan masyarakat keturunan Jawa bersama WNI di New Caledonia tetap meluangkan waktu untuk menghadiri Upacara HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke–70 di lapangan KJRI Noumea (17/8). Mereka datang dari berbagai wilayah di New Caledonia, untuk menunjukkan rasa cinta dan kebanggaan sebagai keturunan Indonesia. 

Perempuan Indonesia Terima Penghargaan di New York
Beberapa diaspora Indonesia sengaja mengambil cuti setengah hari untuk dapat mengikuti Upacara HUT RI, sekaligus bisa bersilaturahmi dengan masyarakat lainnya. Tidak ketinggalan para ibu-ibu yang memanfaatkan kesempatan ini untuk berdandan dan mengenakan pakaian nasional Indonesia, kebaya lengkap dengan sanggul. 

MPR: Jokowi Jangan Terburu-buru Soal Dwi Kewarganegaraan
Konjen RI Noumea, Widyarka Ryananta, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas kehadiran para diaspora sebagai wujud rasa cinta akan tanah leluhur Indonesia. “Meskipun sudah berkewarganegaraan Perancis, semoga hal ini dapat terus diwariskan kepada generasi muda agar tetap mempunyai kebanggaan terhadap Indonesia.”

Dalam rangka menyambut HUT RI ke–70, KJRI Noumea telah menyelenggarakan beberapa rangkaian kegiatan seperti Seminar Business with Indonesia, bekerja sama dengan Fédération des Industries de Nouvelle-Calédonie (FINC) pada tanggal 30 Juli 2015.

Kesempatan tersebut juga dimanfaatkan untuk mengundang para pengusaha New Caledonia untuk mengikut Trade Expo Indonesia, Oktober 2015. Kemudian, pada tanggal 15 Agustus 2015 diadakan Fun Walk and Games with KJRI Noumea, jalan sehat dan beberapa kegiatan hiburan lainnya yang diikuti oleh masyarakat dan diaspora Indonesia. 

Pada tanggal 28 Agustus 21015, KJRI Noumea akan menyelenggarakan Resepsi Diplomatik di Hotel Nouvata Parc, mengundang ratusan pejabat pemerintah dan kalangan dunia usaha setempat.

Sebagai penutup rangkaian kegiatan, bekerja sama dengan Persatuan Masyarakat Indonesia dan Keturunannya (PMIK), akan digelar “Journee Recreative” yang diisi dengan berbagai penampilan kesenian dan dijual berbagai kuliner khas Indonesia di Wisma Masyarakat Indonesia, Robinson, 30 Agustus 2015. 

Saat ini terdapat sekitar 5,000 keturunan Indonesia di New Caledonia, yang sebagian besar sudah berkewarganegaraan Perancis.  New Caledonia merupakan wilayah seberang lautan Perancis di Pasifik Selatan.

Oleh karena itu, segala sistem pemerintahan, moneter, dan kebijakan lainnya masih ditetapkan oleh Pemerintah Perancis. Meskipun demikian, mereka memiliki otonomi sendiri untuk mengatur beberapa hal domestik. Pendapatan terbesar datang dari hasil ekspor nikel, kemudian juga pariwisata. (Putri Utami, Secretary of Consul General of the Republic of Indonesia in Noumea)

(Punya cerita atau peristiwa menarik di sekitar Anda? Kirim Cerita Anda melalui email ke ceritaanda@viva.co.id atau submit langsung di http://ceritaanda.viva.co.id/kirim_cerita/post)




Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya