Festival Payung Indonesia 2015

Festival Payung
Sumber :

VIVA.co.id - Festival Payung Indonesia (FPI) adalah suatu festival  yang diselenggarakan secara tahunan oleh Mataya arts&heritage bekerja sama dengan Pemerintah Kota Solo dan Kementerian Pariwisata RI yang pertama kalinya diadakan pada tahun 2014.

Pada tahun 2015 ini, Kemendikbud RI juga mendukung Festival Payung
Indonesia, yang  akan diselenggarakan pada 11-13 September 2015, di Taman Balekambang, Kota Solo, Jawa Tengah, dengan tema ‘umbrella reborn’, payung lahir kembali dalam kebaruan artistik visual, dan akan dihadiri oleh peserta dari dalam dan luar negeri. 
 
Festival Payung Indonesia diikuti oleh peserta Kabupaten Bau Bau (Sulawesi
Tenggara), Palu (Sulawesi Tengah), Kabupaten Kuantan Singingi (Riau),
Padangpanjang (Sumatra Barat), Bengkulu, Jakarta, Bandung, Tasikmalaya,
Yogyakarta, Banyumas, Solo, Pekalongan, Klaten, Bali dan Malang. Tiga negara juga berpartisipasi, yaitu Cina, Jepang, dan Thailand.

Detik-detik Jelang Terbitnya Buku Terbaru Pidi Baiq

Para peserta akan mengekspresikan karya-karya dalam agenda acara: Pasar Payung, Workshop,  Tari Payung, Solo Dance Festival, Karnaval Payung, Sarasehan & Refleksi ‘Di bawah Payung Indonesia’.

Program ini bertujuan untuk melestarikan kerajinan payung tradisional Indonesia yang kini terancam punah. Yang menarik, pada tahun 2015 ini kami menemukan referensi, ternyata sebuah media massa yang terbit pada tanggal 28 Maret 1985 telah menulis liputan tentang kondisi kerajinan payung tradisional Indonesia yang begitu memprihatinkan.

Pada momentum ini, kami menetapkan tagline festival: Festival Payung Indonesia, along live creative heritage (warisan budaya kreatif sepanjang massa), dengan harapan memori kolektif masyarakat akan bangkit kembali untuk peduli dan memelihara keberlangsungan keberadaan payung tradisional sebagai warisan budaya non-bendawi bangsa Indonesia (Indonesian intangible heritage). (Cerita ini dikirim oleh Heru, Solo)

Sensasi Keripik Rasa Paru dari Daun Singkong

(Punya cerita atau peristiwa ringan, unik, dan menarik di sekitar Anda? Kirim Cerita Anda melalui email ke ceritaanda@viva.co.id atau submit langsung di http://ceritaanda.viva.co.id/kirim_cerita/post)

Hadiah lomba

Edu House Rayakan Harlah ke-8

Acara kali ini bertajuk “Discover the Magic on You”.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016