Warisan Dunia yang Terasingkan di Rumah Sendiri

Biarkan Menikmati Kehidupan yang Cocok dengan Mereka
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id - Badak diyakini telah ada sejak zaman tertier (65 juta tahun yang lalu). Seperti halnya Dinosaurus yang telah punah, badak yang pada 60 juta tahun yang lalu memiliki 30 jenis telah banyak mengalami kepunahan. Saat ini, hanya tersisa 5 spesies badak, 2 spesies di antaranya terdapat di Indonesia.

Edu House Rayakan Harlah ke-8

Sensus terakhir yang dilaksanakan Balai TNUK tahun 2006 diperkirakan kisaran jumlah populasi Badak Jawa adalah 20 sampai 27 ekor. Daerah jelajah untuk badak betina diperkirakan sekitar 10-20 km2 dan untuk badak jantan diperkirakan sekitar 30 km2.

Habitat badak hidup adalah tempat-tempat yang rimbun dengan semak dan perdu yang rapat seperti hutan, yang di dalamnya terdapat jens-jenis tumbuhan yang merupakan makanan dari Badak.

Detik-detik Jelang Terbitnya Buku Terbaru Pidi Baiq

Akan tetapi kondisi saat ini, badak kian terjepit dan merasa terasingkan di rumahnya sendiri. Hal itu akibat dari perambahan hutan yang terus menerus dengan berbagai aktivitas yang  berkelanjutan oleh manusia, serta perburuan terhadap badak itu sendiri yang menyebabkan terus terdesaknya populasi badak hingga saat ini.

Oleh karena itu, sudah sepatutnya badak yang merupakan warisan dunia tersebut diberikan rumah yang memang cocok untuk mereka. Saat ini, Indonesia masih memiliki hutan yang bisa digunakan untuk badak hidup. Stop perburuan terhadap badak dengan memberikan hukuman terhadap pelakunya. Dengan begitu badak tidak akan lagi merasa terasingkan di rumah mereka sendiri (tempat hidup mereka).

Sensasi Keripik Rasa Paru dari Daun Singkong

Dengan begitu kita juga tidak akan mendengar lagi badak yang berada di ladang masyarakat untuk mencari makan, apabila kita tidak membuat badak merasa terasingkan di rumah mereka sendiri. Hal serupa juga berlaku untuk satwa lainnya. Mereka sahabat kita, sudah seharusnya kita untuk saling menjaga. Salam Lestari! (Cerita ini dikirim oleh Zulkifli Syam)

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba menulis Cerita Anda dengan tema "Bagaimanakah Rumah yang Nyaman Untuk Badak?" Info lebih jelas klik http://ceritaanda.viva.co.id/news/read/673610-ayo-ikuti-lomba-menulis-cerita-anda

(Punya cerita atau peristiwa ringan, unik, dan menarik di sekitar Anda? Kirim Cerita Anda melalui email ke ceritaanda@viva.co.id atau submit langsung di http://ceritaanda.viva.co.id/kirim_cerita/post)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya